Peningkatan Motivasi Belajar Analisis Teks Fiksi melalui Pendekatan CRT dan TaRL Berbasis Permainan Tapak Gunung di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28152Keywords:
CRT, TaRL, Tapak GunungAbstract
Motivasi belajar sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini berfokus pada rendahnya motivasi belajar peserta didik kelas VIII-C SMP Muhammadiyah 4 Surabaya, terutama saat pembelajaran berlangsung pada akhir jam siang, yang dapat menyebabkan kejenuhan. Beberapa peserta didik kesulitan mempertahankan motivasi peserta didik di jam terakhir pembelajaran dengan sistem sekolah full day. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi peserta didik melalui pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dan Teaching at The Right Level (TaRL), yang dikombinasikan dengan permainan Tapak Gunung pada materi menganalisis unsur teks cerita fiksi. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah 24 peserta didikkelas VIII-C SMP Muhammadiyah 4 Gadung Surabaya. Teknik pengumpulan data meliputi angket motivasi belajar, observasi, dan lembar respon yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan menghitung dan mengonversi skor angket ke dalam bentuk persentase. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian pada pra siklus peserta termotivasi sebesar 50%, siklus I 70,83%, dan siklus II 87,5% terjadi peningkatan motivasi belajar yang signifikan karena peserta didik antusias dan kompetitif dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian yang sudah dilakukan pada dua siklus dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dan Teaching at the Right Level (TaRL) berbasis permainan Tapak Gunung efektif dalam meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar peserta didik kelas VIII-C SMP Muhammadiyah 4 Surabaya.
References
Abacioglu, C. S. (2020). Teachers’ multicultural attitudes and perspective taking abilities as factors in culturally responsive teaching. British Journal of Educational Psychology, 90(3),736–752. https://doi.org/10.1111/bjep.12328
Adan, S. I. a. (2023). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. PIJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2), 76–86. http://pijar.saepublisher.com/index.php/jpp/article/view/17/16
Ahyar, dkk. (2022). Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatkan Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan). 5 (11) 5241- 5246. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1242
Arikunto, S. (2021). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Cahyono, Dedi Dwi, dkk. (2022). Pemikiran Abraham Maslow Tentang Motivasi Dalam Belajar. Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 6 (1), 37±48. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/
Cholilah, M., Tatuwo, A., Komariah., Rosdiana, S P., & Fatirul, A N. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Journal Pendidikan dan Pengajaran 1(2), Mei: pp, 57-66. https:// doi.org/ 10.58812/spp.v1.i02
Hermoyo, R. Panji. (2021). Minat Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Melalui Mobile Learning di Masa Pandemi Covid-19. Sastranesia: Jurnal Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia 9 (2). https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/sastra/article/view/1913
Husein. (2021). Lunturnya Permainan Tradisional. Aceh Anthropological Journal, 5 (1), 1-15. https://ojs.unimal.ac.id/AAJ/article/download/4568/pdf
Kusumawardhany, Evariantie, dkk. (2024). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik kelas 4 Menggunakan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) pada Mata Pelajaran IPAS. Journal of Social Sciences, Humanities, Education, and Cultural Studies, 2 (1), 24-28.
https://jurnal.uns.ac.id/jsshecs/article/view/96931/48087
Maulida, I., Listyarini, I., & Huda, C. (2024). Analisis Kemampuan Numerasi Dalam Pembelajaran Matematika Kelas Iv Berbasis Pendekatan Teaching At The Right Level. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 281-301.
Melyasari, Dkk. 2025. Penerapan Pembelajaran dengan Pendekatan Crt dan Tarl Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Materi Unsur, Senyawa, dan Campuran, eduproxima, 7(1), 325-333. EDUPROXIMA (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN IPA)
Nasrah, A. Muafia. (2020). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Daring Mahapeserta didikPada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 03 (2), (207-213). https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd/article/view/4219/2854
Putri, D. A. H., Asrizal, & Usmeldi. (2022). Pengaruh Integrasi Etnosains dalam Pembelajaran Sains Terhadap Hasil Belajar: Meta Analisis. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(1), 103-108.
Ramadhani, D. A., & Muhroji, M. (2022). Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4855–4861. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2960
Siswaningsih, dkk. (2024). Training Teaching at the Right Level (TaRL) and Curturally Responsive Teaching (CRT) [Pelatihan Pembelajaran Berbasis Level Berpikir serta Berlatar Belakang Budaya. J. Pengabdian Isola 2 (2).
Suharyani., N. K. A. S., & Farida. H. A. (2023). Impementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (TaRL) dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8 (2) 470-479.
Yuli, R. R., Utomo, A. P. & Sukoco. (2023). Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) dengan Model PBL Berbantuan Gallery Walk untuk Meningkatkan Minat Belajar Biologi Peserta didik Kelas IX MIPA 2 di SMAN 1 Muncar. Education Journal: Journal Education Research and Development. 239-254. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1285



