NERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA KELAS VI – B PADA MATERI BAHASA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28151Kata Kunci:
Penelitian Tindakan Kelas, Problem Based Learning, Keterampilan Kolaborasi, Bahasa Indonesia, Sekolah DasarAbstrak
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa kelas VI – B pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data keterampilan kolaborasi siswa dikumpulkan melalui lembar observasi yang dilakukan pada setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam keterampilan kolaborasi siswa setelah penerapan model PBL. Pada pra-siklus, rata-rata skor keterampilan kolaborasi siswa adalah 51,4 dengan kategori kurang baik. Setelah penerapan PBL pada siklus 1, rata-rata skor meningkat menjadi 63,18 dengan kategori cukup baik. Peningkatan yang lebih signifikan terjadi pada siklus 2 setelah dilakukan revisi berdasarkan refleksi siklus 1, dengan rata-rata skor mencapai 81,5 dengan kategori sangat baik. Peningkatan keterampilan kolaborasi juga terlihat pada setiap pertemuan dalam kedua siklus. Penerapan PBL memberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerja sama dalam memecahkan masalah kontekstual, yang mendorong mereka untuk berpartisipasi aktif, berkomunikasi efektif, membagi tugas, dan menyelesaikan masalah secara bersama-sama. Hasil penelitian ini mengimplikasikan bahwa model ini dapat menjadi alternatif pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
Referensi
Ahmar, H., P. Budi., M. Ahmad., A. Mushawwir., dan Z. Khaidir. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning : Literature Review. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah. Hal: 10 – 17.
Apriyanto, C., Yusnelti., dan Asrial. 2019. Pengembangan E-LKPD Berpendekatan Saintifik Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry. 11(1): 38-42.
Indrawan, F. Y., Irawan, E., T. Sayekti., dan I. A. Muna. 2021. Efektivitas Metode Pembelajaran Jigsaw Daring dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP. Jurnal Tadris IPA Indonesia. 1(3): 259-268.
Iraka, J. G., Romiyadi., dan A. Irsadi. 2024. Peningkatan Keterampilan Kolaborasi melalui Metode Pembelajaran Berbasis Games pada Peserta Didik Kelas VIII D SMP Negeri 21 Semarang. Seminar Nasional Pendidikan dan Penelitian Tindakan Kelas. hal: 876 – 882.
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). Introducing critical participatory action research. The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research, 1–31.
Nurmayasari, K. V., Y. Pantiwati., S. Wahyuni., R. E. Susetyarini., dan I. Hindun. 2022. Studi Kemampuan Kolaborasi Siswa dalam Pembuatan Herbarium 60 Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal Education and Development. 10(2): 246-251.
Nurwahidah., T. Samsuri., B. Mirawati., dan Indriati. 2021. Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Lembar Kerja Siswa Berbasis Saintifik. Reflection Journal. 1(2): 70-76.
Octaviana, F., D. Wahyuni., dan Supeno. 2022. Pengembangan E-LKPD untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. 4(2): 2345-2353.
Pramusinta, Y dan S. N. Faizah. 2022. Belajar dan Pembelajaran Abad 21 Sekolah Dasar. Lamongan: Nawa Litera Publishing.
Septikasari, R. 2018. Keterampilan 4 C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad. 8 (2): 112-122.
Setiawan, T., J. M. Sumilat., N. M. Paruntu., dan N. N. Monigir. 2022. Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 6(6): 9736 – 9744.
Setyawati, S. P. 2022. Peran Faktor Non-Kognitif dalam Melejitkan Prestasi Akademik. Pasuruan: Qiara Media.
Suhardjono dan R. Haribowo. 2022. Buku Ajar Soft Skill dan Kepemimpinan. Makassar: Nas Media Pustaka.
Sunbanu, H. F., M. Mawardi., dan K. W. Wardani. 2019. Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 3(4): 2037-2041.
Ulhusna, M., S. D. Putri., dan Z. Zakirman. 2020. Permainan Ludo untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. International Journal of Elementary School Education. 4(2): 130-137.
Yuniawatika, I. S. A. Manggala., N. Nofitasari., dan F. D. Rahmasari. 2021. Penyusunan Perangkat Pembelajaran Terpadu Berorientasi Karakter Peduli Lingkungan dan Kompetensi Abad 21 di Sekolah Dasar. Madiun: CV. Bayfa Cendekia Indonesia.



