PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI EKSPLORASI DIKSI DAN GAMBAR

Penulis

  • Ulin Nihayah Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Pheni Cahya Kartika Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Luluk Fatmawati Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28150

Kata Kunci:

Keterampilan menulis, media digital, diksi puisi, gambar

Abstrak

 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis diksi puisi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Surabaya dengan memanfaatkan media digital melalui penerapan media pembelajaran eksplorasi diksi dan gambar. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 7 Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian ini, seorang guru melakukan perbaikan-perbaikan terhadap praktik pembelajaran yang telah dilakukan agar mendapatkan hasil yang lebih komprehensif. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui observasi, hasil nilai siswa, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiya 7 Surabaya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi melalui penerapan metode eksplorasi diksi dan gambar mengalami peningkatan. Peningkatan hasil belajar tersebut ditunjukkan pada tindakan siklus I dengan tingat ketuntasan 50%. Sementara pada tindakan siklus II mencapai tingkat ketuntasan sebesar 79,1%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan dalam keterampilan menulis puisi. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa pembelajaran telah mencapai indikator keberhasilan sesuai dengan yang telah diharapkan.

Referensi

Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Arikunto, S., & Suharsimi. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Arsanti, M., Zulaeha, I., Subiyantoro, S., & Haryati, N. (2021). Tuntutan Kompetensi 4C Abad 21 dalam Pendidikan di Perguruan Tinggi untuk Menghadapi Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 319–324. http://pps.unnes.ac.id/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes/

Helentari, K., Heryana, N., & Wartiningsih, A. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Media Gambar Dengan Teknik Kata Kunci Kelas VII I. 1–23.

Junedi, B., Mahuda, I., & Kusuma, J. W. (2020). Optimalisasi keterampilan pembelajaran abad

21 dalam proses pembelajaran pada Guru MTs Massaratul Mut’allimin Banten. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 63–72. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.1963

Kusrianti, A., & Suharto, V. T. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Multimedia untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(2), 145. https://doi.org/10.25273/linguista.v3i2.5736

Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa sdn meruya selatan.

Muktadir, A. M., & Ariffiando, N. F. (2020). Penerapan Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Teknik Kata Kunci. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(2). https://doi.org/10.33369/dikdas.v4i1.14132

Nurita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-Ilmu Al- Quran, Hadist, Syari’ah, Dan Tarbiyah, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099

Pujaastawa, I. B. . (2016). Teknik wawancara dan observasi untuk pengumpulan bahan informasi. Universitas Udayana.

Razanah, M., & Solihati, N. (2022). Pentingnya Pembelajaran Menulis Puisi di Sekolah di era Society 5.0. Literasi, 6(2).

Rosyida, & Fijra. (2021). Metode Penelitian. Deepublish.

Solissa, E. M., & Wattimury, L. C. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Menulis Puisi Melalui Media Gambar Berseri Siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 17 Ambon. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(2), 216. https://doi.org/10.30651/st.v13i2.4779

Suherman, A. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Menggunakan Metode Akrostik (Penelitian Tindakan Kelas). Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 5(1), 33–48. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v5i1.1720

Tanjung, D. S., Pinem, I., Mailani, E., & Ambarwati, N. F. (2024). Penelitian Tindakan Kelas.

PT. Soppedia Publishing Indonesia.

Taufik, T., Ismail, I., Imansyah, M. N., & Kasmita, M. P. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital dalam Pembelajaran Menulis Puisi di SMP Negeri 2 Woja. NUSRA : Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(2), 684–691. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i2.2731

Taufik, T., Marlina, L., & Yulianti, E. (2023). Persepsi Mahasiswa Prgram Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Terhadap Perkuliahan Daring Di Masa Covid-19. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3).

Tetep, A, S., E, D., Hermansyah, P, M., & A, D. (2020). Penggunaan Aplikasi Mentimeter dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 pada MGMP PPKn Kabupaten Garut. Jurnal PEKEMAS Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2).

Ulfah, A., Fitriyah, L., Zumaisaroh, N., & Jesica, E. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital dalam Pembelajaran Menulis Puisi di Era Merdeka Belajar. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 42–57. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v5i1.7914

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(4). https://doi.org/https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-19