Peningkatan Kreativitas Menulis Puisi melalui Model TGT pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 15 Surabaya

Penulis

  • Sofie Hidayatul Husainiyah Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28149

Kata Kunci:

kreativitas, Puisi, Teams Games Tournament

Abstrak

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas peserta didik dalam menulis puisi melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 15 Surabaya. Penelitian ini dilakukan karena rendahnya kreativitas peserta didik dalam menulis puisi yang terlihat dari kurangnya variasi ide, minimnya penggunaan majas, serta struktur puisi yang dihasilkan masih terlihat kurang teratur. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII-D SMP Muhammadiyah 15 Surabaya dengan jumlah 27 peserta
didik. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Model TGT dipilih karena bersifat kooperatif dan mampu mendorong partisipasi aktif serta kerja sama antar peserta didik melalui aktivitas permainan edukatif dan kompetisi kelompok. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi aktivitas peserta didik, dokumentasi hasil karya puisi, serta lembar penilaian kreativitas menulis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam aspek kreativitas menulis puisi setelah diterapkannya model TGT. Hal ini terlihat dari meningkatnya jumlah peserta didik yang mampu mengekspresikan ide dengan gaya Bahasa yang lebih imajinatif, serta meningkatkan antusiasme mereka dalam mengikuti proses pembelajaran. Dengan demikian penerapan model TGT terbukti efektif dalam meningkatkan kreativitas peserta didik dalam menulis puisi di kelas VIII-D SMP Muhammadiyah 15 Surabaya,

Referensi

Azizah, S., & Yulianti, T. (2020). Pengaruh Strategi Pembelejaran Berbasis Kompetisi terhadap HOTS Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 27(1), 55-63

Gagne. R.M (1985). The Conditions of Learning and Theory of Instruction (4th ed.) New York: Holt, Rinehart and Winston.

Lestari, S. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Puisi Melalui Model Pembelajaran TGT. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 15(1), 23-29.

Nugroho, A. (2021). Teams Games Turnament untuk meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(1), 37-44.

Rohimah, A (2019). Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar. 10(2), 131-140

Safitri, N., & Hidayat, R. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif TGT Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 112-118.

Slavin, R.E. (2005). Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. Boston: Allyn and Bacon.

Suryani, D. (2017). Penerapan Model TGT dalam Pembelajaran Menulis Puisi di Sekolah Menengah Pertama. Bahtera Bahasa, 9(2), 45-52.

Susilowati, R. (2018). Kendala Siswa dalam Menulis Puisi dan Strategi Pemecahannya. Jurnal Sastra dan Bahasa, 22(2), 79-86.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-19