ENINGKATAN PEMAHAMAN MAJAS PADA TEKS PUISI KELAS 8 SMP MELALUI MEDIA POHON MAJAS
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28147Kata Kunci:
puisi, majas, media kreatifAbstrak
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap jenis-jenis majas dalam teks puisi dengan menggunakan media pohon majas. Subjek penelitian adalah kelas VIII Al-Fathonah SMP Muhammadiyah 7 Surabaya yang terdiri dari 25 peserta didik. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada siklus pertama, peserta didik diberikan tabel perbandingan majas, sedangkan pada siklus kedua mereka menggunakan media pohon majas yang lebih interaktif dan menarik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pohon majas mampu membantu peserta didik memahami jenis-jenis majas secara lebih konkret dan menyenangkan. Rata-rata nilai peserta didik meningkat dari 62 pada pra tindakan menjadi 73 di siklus I dan 85 di siklus II. Selain itu, partisipasi aktif peserta didik juga meningkat, baik dalam diskusi kelompok maupun saat presentasi. Hasil ini membuktikan bahwa media visual seperti pohon majas sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman gaya bahasa dalam puisi secara kreatif dan menyenangkan.
Referensi
Adam, A. (2021). Penggunaan media pembelajaran berbasis visual terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 6(1), 1–10. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd/article/view/4820
Akbar, S., Siahaan, D. O., Ar Rahman, N., Lumbansiantar, E., & Sihombing, D. H. (2019). Media pohon pintar dalam pembelajaran menulis puisi siswa SMP HKBP Sei Mati kelas VIII A tahun ajaran 2018/2019. Kata Jurnal Bahasa, 3(2), 1–10. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kjb/article/view/14815/12072
Arifin, Z. (2017). Strategi pembelajaran Bahasa Indonesia yang efektif. Alfabeta.
Arlindo, R., Nopriani, H., & Ariyani, S. (2022). Penerapan media audio visual dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Pagar Alam tahun pelajaran 2021-2022. Lentera Pedagogi, 6(1), 26–35. https://journal.unbara.ac.id/index.php/lentera/article/download/1488/960/
Hamalik, O. (2012). Proses belajar mengajar. Bumi Aksara.
Hasibuan, R. (2018). Media pembelajaran interaktif: Teori dan praktik. Pustaka Pelajar.
Kartono, K. (2015). Psikologi pendidikan dan pengajaran. Rajawali Pers.
Keraf, G. (2009). Diksi dan gaya bahasa. Gramedia.
Ningrum, L., & Lestari, I. (2020). Media visual dalam pembelajaran Bahasa Indonesia: Efektivitas dan strategi penggunaan. Jurnal Bahasa dan Sastra, 18(2), 145–152. https://doi.org/10.26714/jbs.18.2.2020.145-152
Maisarah, Lubis, A. A., Vadinda, F. Z., & Dayana, R. (2021). Pengembangan media pop-up pada materi puisi untuk siswa kelas VIII SMP. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(2), 164–174. https://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/eunoia/article/download/1151/851
Nurgiyantoro, B. (2012). Penilaian dalam pembelajaran bahasa dan sastra. BPFE.
Poerwanto, R. (2016). Mengenal dan menggunakan media pembelajaran. Unesa University Press.
Purwanto, J. (2014). Teknik penyusunan soal dan penilaian hasil belajar. PT Remaja Rosdakarya.
Sari, A., & Pratiwi, R. (2019). Penerapan media pembelajaran visual untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 16(3), 212–220.
Silaban, V. N., Sitorus, P. J., & Simanjuntak, H. (2022). Pengaruh model kontekstual bermedia audio visual terhadap hasil belajar pembelajaran materi menulis puisi di sekolah SMP Gajah Mada Medan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(5), 3770–3777. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/download/7211/5430
Suryosubroto, B. (2010). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Rajawali Pers.
Wina, S. (2011). Strategi pembelajaran inovatif. Kencana Prenada Media Group.
Wulandari, N., & Nugroho, A. (2022). Inovasi media belajar Bahasa Indonesia berbasis gaya bahasa. Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 80–88. https://doi.org/10.31294/jbsi.v10i1.20104
Zainuddin, H. (2015). Pembelajaran bahasa berbasis pendekatan kontekstual. Graha Ilmu.



