PENERAPAN MEDIA KALEM (KARTU LEMPAR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK TEKS FIKSI DAN NONFIKSI PADA SISWA KELAS VII C SMP MUHAMMADIYAH 4 GADUNG SURABAYA

Penulis

  • Mahendra Danu Hermansyah Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • R Panji Hermoyo Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Taufiqur Rahman SMP Muhammadiyah 4 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28146

Kata Kunci:

media KALEM, keterampilan menyimak, teks fiksi dan nonfiksi, pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstrak

Pembelajaran Bahasa Indonesia mencakup empat keterampilan berbahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Di antara keempat keterampilan tersebut, menyimak sering dianggap sebagai keterampilan yang kurang mendapat perhatian dalam proses pembelajaran. Padahal, menyimak merupakan fondasi awal bagi keterampilan berbahasa lainnya.
Di kelas VII C SMP MUHAMMADIYAH 4 GADUNG SURABAYA, hasil evaluasi awal menunjukkan bahwa kemampuan menyimak siswa masih rendah. Hal ini tampak dari rendahnya nilai ulangan harian dan kurangnya partisipasi siswa saat kegiatan menyimak berlangsung. Ketika guru membacakan teks fiksi atau nonfiksi, banyak siswa tidak dapat menangkap isi teks, ide pokok, maupun informasi penting. Salah satu penyebabnya adalah pembelajaran yang bersifat satu arah dan kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik dan menantang.
Untuk mengatasi hal tersebut, penulis mencoba menerapkan media KALEM (Kartu Lempar), yaitu media berbentuk kartu berisi pertanyaan atau perintah terkait isi teks yang dilempar secara acak kepada siswa. Media ini mendorong siswa untuk lebih aktif dan konsentrasi dalam menyimak karena mereka tidak tahu kapan akan mendapat giliran menjawab. Selain itu, aktivitas ini bersifat menyenangkan sehingga memotivasi siswa untuk lebih fokus menyimak materi yang dibacakan

Referensi

Tarigan, H.G. (2008). Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Rahmawati, D. (2021). "Pengaruh Penggunaan Media Kartu Terhadap Kemampuan Menyimak." Jurnal Bahasa dan Sastra, 8(2), 45–53.

Suryani, T. (2022). "Penggunaan Media Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak." Bahasa Kita, 10(1), 20–30.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-19