PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK BERITA PESERTA DIDIK KELAS VII C SMP MUHAMMADIYAH 13 SURABAYA

Penulis

  • Ulfi Yunias Anggraeni Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Ngatmain Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Siti Nazzalah SMP Muhammadiyah 13 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28145

Kata Kunci:

Kemampuan Menyimak, Teks Berita, Media Audio Visual

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatasi masalah kurangnya keterampilan menyimak teks berita pada siswa kelas VII C di SMP Muhammadiyah 13 Surabaya dengan penerapan media audio visual. Media audio visual dan kerja secara mandiri digunakan untuk mengatasi masalah yang diangkat dalam penelitian ini. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini diawali dengan hasil fundamental dan dua siklus. Efektivitas setiap siklus diukur dengan mengamati dan mengukur aktivitas dengan dua cara: evaluasi produk dan evaluasi proses. Data hasil kapasitas mendengarkan metode kerja secara mandiri melalui media audio visual dianalisis dengan mendeskripsikan nilai rata-rata siklus untuk mencapai target pembelajaran sebesar 75%. Pada pengamatan pertama, rata-rata hasil kelas sebesar 68,79 %. Rata-rata kemampuan menyimak pada siklus I sebesar 72,93 %, dan meningkat ke angka 80,69 % pada siklus II. Berdasarkan hasil siklus I dan II, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) Kemampuan mendengarkan menggunakan proses kerja secara mandiri dengan penerapan media audio visual di kelas VII C SMP Muhammadiyah 13 Surabaya berada pada tingkatan cukup baik; dan (2) Penggunaan media audio visual dalam meningkatkan kapasitas mendengarkan terbukti berhasil. 

Referensi

Cahyaningsih, E., & Assidik, G. K. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Materi Teks Berita. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(1).

Limin, S., & Kundiman, R. S. (2023). Peranan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Dalam Menunjang Minat Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Sejarah Musik. Psalmoz: A Journal of Creative and Study of Church Music, 4(1), 16-26

Munar, A., & Suyadi, S. (2021). Penggunaan Media Animasi dalam Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 155-164.

Pandiangan, A. P. B. (2019). Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru Dan Kompetensi Belajar Siswa. Deepublish.

Pranata, K., & Yulianti, A. (2021). Efektivitas Media Audio Visual Pada Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Penjaskes Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Adiraga, 7(2), 63-76.

Suciati, T. N., & Fauziah, N. (2020). Layak berita ke layak jual: nilai berita jurnalisme online Indonesia di era attention economy. Jurnal Riset Komunikasi, 3(1), 51-69.

Tarigan, H. G. (1985). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/kompetensi/article/view/5884/2957

https://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA/article/view/45

https://repository.unibos.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/189/NURTINA%20LAMERE%204516102001.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-19