Peningkatan Penggunaan Media Buku Kliping terhadap Kemampuan Materi Menulis Puisi di SMP Muhammadiyah 11 Surabaya

Penulis

  • Langgeng Purwoaji Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Dian Karina Rachmawati Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Suhartini SMP Muhammadiyah 11 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28144

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Buku Kliping, Menulis Puisi

Abstrak

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti, pembelajaran menulis puisi masih cenderung meminimalkan keterlibatan peserta didik sehingga siswa tidak dapat memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru yang mengakibatkan siswa tidak mampu menyelesaikan tugas yang diberikan dalam menuliskan puisi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil menulis puisi siswa sebelum dan setelah penggunaan media buku kliping, mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis puisi siswa setelah penggunaan media buku kliping. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B di SMP Muhammadiyah 11 Surabaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari lembar observasi keterlaksanaan, dan tes kemampuan menulis puisi siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil kemampuan menulis puisi siswa sebelum penerapan media buku kliping dikategorikan sangat rendah dan kemampuan hasil menulis puisi siswa setelah penerapan media buku kliping dikategorikan sangat tinggi. Sehingga dapat disimpulkan, terdapat peningkatan kemampuan menulis puisi siswa setelah penggunaan media buku kliping siswa kelas VIII-B SMP Muhammadiyah 11 Surabaya.

Referensi

Fikri, W. (2014). Pengertian Kliping dan Contohnya. http://pengertianmenurutparaahli.net/pengertian-kliping-dan-contohnya/. Diaksespada tanggal 5 Juni 2025.

Johan, G. M. (2020). Media Pop Up Book untuk Melatih Keterampilan Menulis Karangan Siswa Sekolah Dasar. Visipena, 11 (1), 46-59.

Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru melalui Inovasi Pembelajaran. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2), 373-390.

Lubis, F. W., Sebayang, S. K. H., Marini, N., Tansliova, L. & Turmip, B. R. (2022). Pengkajian Puisi. Yayasan Kita Menulis.

Nasution, M. (2020). Menulis Puisi dengan Pendekatan Literasi Perpustakaan Sekolah.

LINGUISTIK: Jurnal Bahasa dan Sastra, 5(1), 63-70.

Rahayu, T., & Kurniawan, P. Y. (2022). Pelatihan Membaca dan Menulis Puisi pada Peserta Didik TPA Al-Husna. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2 (01), 89-96.

Sardila, V. (2015). Strategi Pengembangan Linguistik Terapan melalui Biografi dan Autobiografi: Sebuah Upaya Membangun Keterampilan Menulis Kreatif Mahasiswa. An-Nida,’ 2015, 40 (2), 110-117.

Tiro, Muhammad Arif. 2010. Dasar-dasar Statistika. Andira Publisher. Makassar.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-19