Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Menulis Teks Resensi Kelas VII B SMP Muhammadiyah 11 Surabaya

Penulis

  • Nur Zumaisaroh Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28142

Kata Kunci:

Berdiferensiasi, Inovasi, Menulis, Resensi

Abstrak

Menulis merupakan salah satu keterampilan produktif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang membutuhkan latihan dan ketekunan. Salah satu materi yang diajarkan di jenjang SMP adalah menulis teks resensi, yaitu teks yang berisi ulasan terhadap suatu karya. Namun, pada praktiknya, banyak peserta didik mengalami kesulitan dalam menulis teks resensi karena terbatasnya motivasi, pemahaman, serta gaya belajar yang beragam. Berdasarkan pengamatan di kelas VII B SMP Muhammadiyah 11 Surabaya, ditemukan keberagaman gaya belajar peserta didik, seperti visual, auditori, dan kinestetik, yang memengaruhi cara mereka menyerap informasi. Untuk mengatasi tantangan tersebut, diperlukan inovasi dalam pembelajaran melalui penerapan pendekatan berdiferensiasi. Pendekatan ini memungkinkan pendidik menyesuaikan materi, proses, dan produk pembelajaran sesuai dengan kebutuhan, minat, dan karakteristik siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pendekatan berdiferensiasi sebagai inovasi pembelajaran dalam materi menulis teks resensi. Hasilnya menunjukkan bahwa pendekatan ini efektif dalam meningkatkan keterlibatan peserta didik, membantu mereka memahami materi dengan cara yang sesuai, serta mendorong peningkatan hasil belajar secara menyeluruh.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Azmy, Bahauddin. & Fanny, Arif Mahya. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Inventa : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7 (2).

Wardani, Nirmala Wahyu., Afandi, Muhamad., & Yustiana, Sari. (2023). Analisis Pendekatan Berdiferensiasi Pada Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI di SD Negeri Bandungrojo. Jurnal Ilmiah Sultan Agung, 2 (2).

Yulianti., Rabiah, Siti., & Mazhud, Nurfathana. (2024). Penggunaan Metode Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Pembelajaran Menulis Resensi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pangkep. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9 (2).

Zumaisaroh, Nur (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Stratta dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerpen Kelas XI Madrasah Aliyah Muhammadiyah 3 Godog. (Publication https://repository.unisda.ac.id/1984/ )[Skripsi thesis, Universitas Islam Darul Ulum Lamongan].

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-19