MENINGKATKAN KEMAMPUAN GRAMMAR “SIMPLE PAST TENSE” SISWA KELAS 8 MELALUI METODE GAMIFIKASI

Penulis

  • Sintaloka Trya Dewanti Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Mas’ulah Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Yuniarti Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28138

Kata Kunci:

Simple past tense, game-based learning, Past Tense Treaasure Hunt

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap simple past tense melalui penerapan strategi game-based learning dengan permainan “Past Tense Treasure Hunt”. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa kelas VIII-G SMPN 36 Surabaya terhadap penggunaan simple past tense dalam recount text, yang tercermin dari nilai rata-rata pre-test sebesar 52,33. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa di kelas 8-G SMPN 36 Surabaya. Pengumpulan data dilakukan melalui Google Form yang digunakan untuk mengukur hasil pre-test dan post-test siswa. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 82,9 dan pada siklus II mencapai 88,33. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan game-based learning mampu meningkatkan pemahaman siswa secara signifikan. Strategi pembelajaran ini juga meningkatkan motivasi dan partisipasi aktif siswa selama proses belajar. Dengan demikian, metode ini efektif untuk digunakan sebagai pendekatan inovatif dalam pembelajaran tata bahasa Bahasa Inggris di tingkat SMP.

Referensi

Aratea, J. A., & Pasubillo, N. (2024). Effects of game-based learning on improving grammar skills of Grade 9 students. ResearchGate. https://www.researchgate.net/publication/384471846

Guterres, M., & Soares, F. (2017). Teaching simple past tense through dice game. International Scientific Conference on Education (ISCE). https://iscjournal.com/index.php/isce/article/download/11/11

Indah, R. (2019). Students’ ability in understanding simple past tense through Whisper and Write game. ResearchGate. https://www.researchgate.net/publication/338279452_Students%27_Ability_in_Understanding_Simple_Past_Tense_through_Whisper_and_Write_Game

Shopiah, S., & Anggraeni, E. (2018). Teaching recount text through Scrabble game. ResearchGate. https://www.researchgate.net/publication/337255534_TEACHING_RECOUNT_ TEXT_THROUGH_SCRABBLE_GAME

Utomo, D. A. (2021). Teaching writing of recount text using Freeze! Freeze! game in junior high school level (Undergraduate thesis, Universitas Negeri Surabaya). ResearchGate. https://www.researchgate.net/publication/357857360_Teaching_Writing_of_Re count_Text_Using_Freeze_Freeze_Game_in_Junior_High_School_Level

Yusnita, R., & Yuniarti, R. (2020). Improving students’ interest in learning simple pasttense using teams games tournaments. English Education Journal, 11(4), 580–590. https://www.researchgate.net/publication/346164067

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-19