Meningkatkan Keterampilan Bicara Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII-B SMPN 18 Surabaya Dengan Visual Aids
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28132Kata Kunci:
keterampilan, keterampilan berbicara, visual aidsAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan storytelling dengan visual aids dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris peserta didik kelas VIII-B SMPN 18 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 34 peserta didik kelas VIII-B SMPN 18 Surabaya. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar observasi, tes lisan presentasi teks prosedur, dan hasil tes formatif peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan berbicara peserta didik dari siklus awal hingga siklus kedua. Pada siklus awal, persentase ketuntasan belajar sebesar 61,76%, meningkat menjadi 73,53% pada siklus pertama, dan mencapai target ketuntasan minimal pada siklus kedua. Penggunaan storytelling dengan visual aids terbukti efektif dalam membantu peserta didik menguasai kosakata dan meningkatkan kelancaran dalam berbicara bahasa Inggris.
Referensi
Anggrelin, S. (2022). The Effect of Digital Storytelling on Students Speaking Skill at State Senior High School Rupit. State Islamic University Sulthan Thaha Saifudin Jambi.
Emelia, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pemahaman Teks Prosedur Berbasis Aplikasi Powtoon. Skripsi, Universitas Sriwijaya.
Gregori-Signes, C. (2014). Digital storytelling and multimodal literacy in education. Porta Linguarum, 22, 237-250.
Gunawan, A., & Yusniaty, N. (2024). Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris yang Efektif untuk Meningkatkan Minat Belajar siswa SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa, 12(1), 1-15.
Husnul Jayati, S., Suhartono, & Arifin, M. (2020). Kemampuan Mendeskripsikan Media Audio Visual Menjadi Teks Eksplanasi. Jurnal Ilmiah Korpus, 4(1), 57-60.
Indah Ayu, E. P. (2024). Improving Students' English Speaking Skill Through Digital Storytelling. English Education Department Tarbiyah and Teacher Training Faculty UIN Raden Intan Lampung.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner (3rd ed.). Victoria: Deakin University Press.
Nurhizrah Gistituati, Refnaldi, & Syaifullah. (2021). Improving the Students' Speaking Skill Using Visual Aid. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 178(1), 66-71.
Riksa, Y., & Jesi, A. (2023). Meningkatkan Partisipasi siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Pendekatan Interaktif. Jurnal Inovasi Pendidikan, 5(2), 270-285.
Sanchez, M. (2021). Visual aids in language teaching: Benefits and implementation strategies. Journal of Language Teaching Methods, 4(2), 83-96.
Satrio. (2025). Pemanfaatan Media Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Muko-Muko Bathin VII. Repository Universitas Jambi.
Wahyuni, R. B. T., Suyuthi, H., & Rustinar, E. (2024). Penggunaan Media Audio Visual Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia dengan Tema Teks Prosedur Melalui Model Problem Based Learning di SMPN 21 Bengkulu Utara. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(3), 168-180.



