PENGGUNAAN PERMAINAN SPELLING BEE UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28131Kata Kunci:
Spelling Bee, Permainan, Kosakata, EFL, EjaanAbstrak
Permainan Spelling Bee dapat dianggap sebagai metode yang efektif untuk mengajarkan penguasaan kosakata kepada siswa SMP melalui kegiatan yang menyenangkan dan interaktif. Siswa tidak hanya didorong untuk menghafal kosakata, tetapi juga untuk mengeja dan mengucapkannya dengan benar. Dalam penelitian ini, siswa kelas VII menghadapi beberapa masalah seperti kesulitan memahami bentuk kata dalam bahasa Inggris, keterbatasan kosakata, dan pelafalan yang kurang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatasi masalah tersebut dan meningkatkan penguasaan kosakata siswa melalui penerapan permainan Spelling Bee. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada setiap siklus. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus karena target peningkatan belum tercapai pada siklus pertama. Subjek penelitian ini adalah 28 siswa kelas 7. Data kualitatif diperoleh melalui observasi dan catatan lapangan, sementara data kuantitatif diambil dari nilai pre-test dan post-test siswa. Hasil data kualitatif menunjukkan bahwa siswa lebih antusias dan aktif dalam proses pembelajaran melalui permainan Spelling Bee. Hasil data kuantitatif menunjukkan peningkatan penguasaan kosakata siswa, dengan rata- rata nilai kelas meningkat dari 65,00 pada pre-test menjadi 84,59 pada post-test siklus kedua. Selain itu, 85,71% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal pada akhir siklus kedua. Hasil ini menunjukkan bahwa kriteria keberhasilan telah tercapai. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan Spelling Bee dapat menjadi metode alternatif yang efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa dalam suasana belajar yang menyenangkan dan memotivasi.
Referensi
Allen, V. F. (2007). Techniques in Teaching Vocabulary. Oxford University Press. https://www.amazon.com/Techniques-Teaching-Vocabulary-English- Language/dp/0194341305
Bonwell, C. C., & Eison, J. A. (1991). Active Learning: Creating Excitement in the Classroom. ASHE- ERIC Higher Education Report No. 1. https://eric.ed.gov/?id=ED336049
Buana, T. S., & Irawan, L. A. (2021). Students’ Phonological Awareness and Their Strategy in Pronuncing Words. Journal of Language and Literature Studies, 1(1), 51–56. https://doi.org/10.36312/jolls.v1i1.528
Chonnia, I. U., & Izzah, L. (2022). The Use of Squid Game Simulation for Challenging Students’ Vocabulary Mastery. Journal of Languages and Language Teaching, 10(4), 508. https://doi.org/10.33394/jollt.v10i4.6000
Damanhouri, M. Y. (2024). Exploring the cognitive processes of preparation for a Spelling Bee game to enhance vocabulary learning in a foreign language. Forum for Linguistic Studies, 6(5), 637– 648. https://doi.org/10.30564/fls.v6i5.7067
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (1985). Intrinsic Motivation and Self-Determination in Human Behavior.
Springer. https://link.springer.com/book/10.1007/978-1-4899-2271-7
Fitrianik, C., & Busyairi, A. (2019). Peran Guru dalam Manajemen Kelas untuk Peningkatan Kecerdasan Emosional. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 10(1). https://journal.unnes.ac.id/nju/kreatif/article/view/KR-10-1-03
Habibi, A., Jupri, & Dehghani, S. (2022). Developing the Prototype of Text-Based Learning Materials for the Teaching of Reading Skills at the Middle Schools. Journal of Language and Literature Studies, 2(2), 75–87. https://doi.org/10.36312/jolls.v2i2.760
Jannah, M. dkk. (2020). Exploring the Effects of Using Game on Students’ Vocabulary Mastery: A Case Study in Instructional Material and Media Development Class. https://www.researchgate.net/publication/341287806_Exploring_the_Effects_of_Using_Gam e_on_Students%27_Vocabulary_Mastery_A_Case_Study_in_Instructional_Material_and_Me dia_Development_Class
Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Deakin University. https://educons.edu.rs/wp-content/uploads/2020/05/2014-The-Action-Research-Planner.pdf
Kenza-Tacarraoucht, Zano, K., & Zamorano, A. (2022). Team Games-Language Learning Model in Improving Students’ Speaking and Listening Skills Viewed from Creativity. Journal of Language and Literature Studies, 2(1), 53–61. https://doi.org/10.36312/jolls.v2i1.711
Mokodompit, N. F., Samal, A. L., & Mamonto, S. B. (2022). Pengaruh Manajemen Kelas dan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMK Islam Yapim Manado. Journal of Islamic Education Leadership, 2(2). https://ejournal.iain- manado.ac.id/index.php/jmpi/article/view/455
Nation, I. S. P. (2001). Learning Vocabulary in Another Language. Cambridge University Press. https://www.cambridge.org/core/books/learning-vocabulary-in-another- language/491314AA1B451AD04F3536000F1C9F0D
Padidi, dkk. (2022). Spelling Bee Games to Increase Students’ Vocabulary Mastery at the Islamic- Affiliated Middle Schools: An Action Research. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/367297567_Spelling_Bee_Games_to_Increase_Stu dents%27_Vocabulary_Mastery_at_the_Islamic- Affiliated_Middle_Schools_An_Action_Research
Qomariyah, S. S., & Nafisah, B. Z. (2020). Spelling Bee game in students’ vocabulary achievement. Jo- ELT (Journal of English Language Teaching), 7(2), 89–95. https://doi.org/10.33394/jo- elt.v7i2.3200
Rachmaida, F., & Mutiarani, M. (2022). The Use of Spinning Wheel Games to Improve Students’ Writing Procedural Texts. Journal of Languages and Language Teaching, 10(4), 530. https://doi.org/10.33394/jollt.v10i4.5766
Rahmawati, dkk. (2023). The Use of Online Spelling Bee Game in Teaching Vocabulary. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/JoEELE/article/view/67091
Sulviana, S., & Mahendra, I. (2021). Use of Spelling Bee to Improve Students’ English Vocabulary Mastery at SMP Negeri 11 Makassar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 678–685. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.3193
Syafrizal, T. (2020). Spelling Bee Game in Students’ Vocabulary Achievement. https://www.researchgate.net/publication/348208033_Spelling_Bee_Game_in_Students%27_ Vocabulary_Achievement



