MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA CERITA DONGENG MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 4 SD
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28130Kata Kunci:
keterampilan membaca, flash card, ptkAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca dongeng pada siswa kelas IV Sekolah Dasar melalui penggunaan media pembelajaran flash card. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya keterampilan membaca siswa, khususnya dalam memahami isi cerita dongeng, mengidentifikasi unsur-unsur cerita, serta membaca dengan intonasi dan ekspresi yang tepat. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & McTaggart yang terdiri dari dua siklus, masing-masing melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas IV SDN Pacarkeling V/186 Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan tes keterampilan membaca dongeng, sedangkan teknik analisis data menggunakan indikator ketuntasan minimal (KKM) sebesar 72 dan ketuntasan klasikal minimal 70%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam keterampilan membaca dongeng siswa. Pada tahap pra siklus, nilai rata-rata siswa hanya mencapai 72,03 dengan ketuntasan klasikal sebesar 46,87%. Setelah penerapan media flash card pada siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 75, 31 dengan ketuntasan klasikal 68,75%. Peningkatan berlanjut pada siklus II dengan nilai rata-rata mencapai 79,06 dan ketuntasan klasikal sebesar 93,75%. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan media flash card secara efektif dapat meningkatkan keterampilan membaca dongeng siswa dalam aspek kefasihan, pemahaman isi, serta ekspresi membaca. Oleh karena itu, media flash card direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran inovatif untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa sekolah dasar, khususnya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
Referensi
Anderson, R. C., Hiebert, E. H., Scott, J. A., & Wilkinson, I. A. G. (2017). Becoming a nation of readers: The report of the Commission on Reading. Washington, DC: National Institute of Education.
Mayer, R. E. (2019). Multimedia learning (2nd ed.). New York: Cambridge University Press.
Nation, K. (2019). Form–meaning links in vocabulary development: A critical review of evidence from cross-linguistic research. Language Learning, 59 (supplement 1), 27– 52.
Sari, R. N., & Rahmawati, D. (2020). Pengaruh penggunaan media flashcard terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 23–30.
Sulistyo, G. H. (2015). Pengajaran membaca yang menyenangkan dan bermakna di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(2), 110–118.
Suyanto, K. K. E. (2017). English for young learners: Melejitkan potensi anak melalui pembelajaran bahasa Inggris sejak dini. Jakarta: Bumi Aksara.
Wijayanti, F., & Putra, A. (2019). Media gambar dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4 (2), 96– 104.
Suyanto, K. K. E. (2017). English for young learners. Jakarta: Bumi Aksara.
Fatimah, S., Wahyuni, D., & Nurjanah, N. (2022). The Effectiveness of Flash Card in Improving Reading Comprehension of Elementary School Students. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 8(1), 1–8.
Herlina, L., & Jumiati, I. (2018). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Dongeng. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 15(2), 45–53.
Sari, P., & Putri, I. (2017). Pengaruh Media Visual terhadap Pemahaman Bacaan. Jurnal Literasi SD, 5(3), 112–118.
Supriyadi, E. (2021). Pembelajaran Literasi Berbasis Visual di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Inovatif, 9(2), 89–95.
Wulandari, T., Yuliana, S., & Anjani, N. (2020). Flashcard as a Visual Media to Improve Students’ Reading Skill. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 65–72.
Lestari, R. D., & Suryana, D. (2020). Penerapan Media Flashcard untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 35–42.
Nurhayati, D., & Susanti, L. (2021). Pengaruh Media Visual Terhadap Peningkatan Pemahaman Teks Narasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 8(2), 119–126.



