Meningkatkan Pemahaman Membaca Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII melaui Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT)
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28129Kata Kunci:
Pemahaman membaca, Bahasa Inggris, CRTAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman membaca teks bahasa Inggris pada siswa melalui pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). CRT merupakan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada implementasi pembelajaran berdasarkan latar belakang budaya dan pengalaman siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-H di SMP Negeri 36 Surabaya semester genap tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi di setiap siklusnya. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, survei, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman membaca siswa. Rata-rata nilai tes pemahaman membaca meningkat dari 51.5 pada pra-siklus menjadi 91.25 pada siklus 1, dan mencapai 95 pada siklus 2. Selain itu, jumlah siswa yang mencapai standar yang diberikan juga meningkat dari 25% pada pra-siklus menjadi 87.5% pada siklus 1, dan 95.8% pada siklus 2. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa.
Referensi
Alqarni, F. (2015). Collaborative Strategic Reading to Enhance Learners’ Reading Comprehension in English as a Foreign Language. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 4(1), 161–166. https://doi.org/10.5901/mjss.2015.v4n1p161
Bassey, M. O. (2016). Culturally responsive Teaching: Implications for Educational Justice. Education Sciences, 6(35). https://doi.org/10.3390/educsci6040035
Dewi, I. M., & Purwati, P. D. (2025). Penerapan Media Pembelajaran Ludo Narasi Sejarah Berbasis Culturally Responsive Teaching (CRT) Upaya Peningkapan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SND Jatisari Semarang. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 265–279.
Fathonah, A., Huda, S., & Firmansah, B. (2023). Peningkatan Hasil Belajar dan Kreativitas Peserta Didik melalui Pendekatan Pembelajaran Culturally Responsive Teaching. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 29(2), 248–257. https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6508
Gay, G. (2000). Culturally Responsive Teaching : Teory, Research, and Practice.
Hardiana, D. (2023). Peningkatan Minat Belajar IPAS melalui Culturally Responsive Teaching pada Peserta Didik Kelas IV SDN 01 Sumbersari. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(2), 2394–2405. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.983
Jumatriadi. (2019). Hubungan Minat Baca dan Penguasaan Kosakata dengan Pemahaman Bacaan Berbahasa Inggris: Studi Korelasional pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Palapa Nusantara Lombok-NTB. Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 154–180. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. In Springer Science. https://doi.org/10.1007/978-981-4560-67-2
Kholili, A. (2022). Upaya Meningkatkan Pemahaman Membaca Bahasa Inggris melalui Pembelajaran Berbasis Inkuiri (Inquiry-Based Learning. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 1494–1501. https://doi.org/10.58466/literasi.v2i2.1441
Kieran, L., & Anderson, C. (2018). Connecting Universal Design for Learning With Culturally Responsive Teaching. Education and Urban Society, 1–15. https://doi.org/10.1177/0013124518785012
Larson, K. E., Pas, E. T., Bradshaw, C. P., Rosenberg, M. S., & Day-Vines, N. L. (2018). Examining How Proactive Management and Culturally Responsive Teaching Relate to Student Behavior: Implications for Measurement and Practice. School Psychology Review, 47(2), 153–166. https://doi.org/10.17105/SPR-2017-0070.V47-2
Putri, L. P., Lestari, H., Rukiyah, S., & Rohmadhawati, D. A. (2024). Pembelajaran Berbasis Budaya dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII.2 pada Materi Teks Surat Di SMP Negeri 10 Palembang. Jurnal Sains Student Research, 2(2), 63–69.
Queirós, A., Faria, D., & Almeida, F. (2017). Strengths and Limitations of Qualitative and Quantitative Research Methods. 3(9), 369–387. https://doi.org/10.5281/zenodo.887089
Ulantina, Y. A., Sridana, N., Lu’luilmaknun, U., & Soepriyanto, H. (2023). Efektivitas LKPD Berbasis Budaya Lokal dalam Materi Himpunan Kelas VII di SMPN 9 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2302–2307. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1782
Whatoni, A. S., Anwar, Y. A. S., & Namira, D. (2024). Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Minat Belajar Kimia Peserta Didik. DIDAKTIKA : Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 2(1), 22–28. https://didaktika.lombokinstitute.com/index.php/JPTK/article/view/13
Zumroti, N. (2022). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Inggris tentang Pemahaman Isi Bacaan Teks Recount melalui Metode NHT Peserta Didik Kelas VIII B SMP Negeri 3 Adiwerna. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 2(4), 406–414. https://doi.org/10.51878/strategi.v2i4.1694



