PENERAPAN METODE TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PROCEDURE TEXT KELAS VIII-A SMP NEGERI 18 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28122Kata Kunci:
Team games tournament (TGT), Keterampilan menulis, Pembelajaran kooperatif, Procedure textAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VIII-A SMP Negeri 18 Surabaya melalui penerapan metode pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada materi teks prosedur. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dengan indikator keberhasilan yaitu minimal 85% siswa mencapai nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 80 dan minimal rata-rata kelas mencapai 80. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes tulis, dan dokumentasi, sementara analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode TGT mampu meningkatkan keterampilan menulis siswa secara signifikan, ditunjukkan oleh peningkatan rata-rata nilai dari 61,4 pada pra-siklus menjadi 75 pada siklus I dan 81 pada siklus II, serta peningkatan ketuntasan belajar dari 37,5% menjadi 62,5% dan akhirnya 87,5%. Keberhasilan ini juga didukung oleh modifikasi sistem permainan dari rebutan menjadi giliran, yang mampu menciptakan suasana pembelajaran yang lebih adil, partisipatif, dan kondusif. Dengan demikian, metode TGT yang diimplementasikan secara adaptif terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar menulis siswa.
Referensi
Akmal, M., Fitriyah, R., & Hamidah, N. (2021). The effectiveness of Team Games Tournament (TGT) in improving students’ critical thinking and collaboration in English learning. Journal of English Language Teaching and Linguistics, 6(2), 203–215.
Azizah, N., & Nugroho, A. (2019). Penerapan model Team Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan pemahaman struktur kebahasaan teks prosedur. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 19(1), 45–52.
Harmer, J. (2004). How to Teach Writing. Pearson Education Limited.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Deakin University Press.
Mulyani, L. (2023). Pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap kreativitas dan partisipasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Ilmu Pendidikan, 35(1), 88–96.
Nurdin, H., & Yuliani, D. (2020). Team Games Tournament (TGT) to improve students’ narrative writing skill in junior high school. Journal of Language Teaching and Research, 11(3), 567–574.
Pratiwi, E., & Handayani, N. (2020). Strategi modifikasi permainan pada model TGT untuk pemerataan partisipasi siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(2), 122–130.
Slavin, R. E. (1995). Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice (2nd ed.). Allyn & Bacon.
Susilawati, R., Nugraha, E., & Lestari, D. (2022). Implementasi model Team Games Tournament dalam meningkatkan kualitas tulisan siswa SMP. Jurnal Bahasa dan Sastra, 10(2), 150–162.
Tran, V. D. (2014). The effects of cooperative learning on the academic achievement and knowledge retention. International Journal of Higher Education, 3(2), 131–140.
Yuliana, D. (2021). Penerapan metode TGT dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa Asing, 7(1), 25



