Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Inggris melalui Pendekatan Game-Based Learning pada Siswa Kelas VII-A SMPN 36 Surabaya

Penulis

  • Sekar Habiballoh Novandari Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Mas’ulah Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Yuniarti SMP Negeri 36 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28120

Kata Kunci:

Game-Based Learning, minat belajar, Bahasa Inggris, pembelajaran interaktif, PTK

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar Bahasa Inggris siswa kelas VII-A SMPN 36 Surabaya melalui pendekatan Game-Based Learning (GBL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan model Kemmis dan McTaggart, yang terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data meliputi angket minat belajar dengan skala Likert, lembar observasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan GBL dapat meningkatkan minat belajar siswa. Pada siklus I, sebanyak 24 dari 28 siswa valid (85,7%) mengalami peningkatan minat belajar. Pada siklus II, jumlah tersebut meningkat menjadi 25 dari 28 siswa (89,3%). Aktivitas pembelajaran berbasis permainan seperti Match-Up Cards Polite Expression dan kuis digital Zep Quiz terbukti menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, kompetitif, dan interaktif. Dengan demikian, penerapan GBL dinyatakan efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa terhadap Bahasa Inggris.

Referensi

A.A.A.A Whisnubrata, & Johanes Dimara. (2023). English For Life: Menginspirasi Siswa Untuk Mencintai Bahasa Inggris dan Mengaplikasikannya dalam Kehidupan Sehari-hari. Jurnal Pengabdian Mandiri, 2(11), 2353–2260.

Ananda, N. P., Rahmah, F. T., & Ramdhani, A. R. (2024). Using gamification in education: Strategies and impact. Hipkin Journal orf Educational Research, 1(1), 1-12.

Azizatunnisa, F., Sekaringtyas, T., & Hasanah, U. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif game edukatif pada pembelajaran IPA kelas IV sekolah dasar. Optika: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 14-23.

Einsthendi, A. D., Rasyid, M. I. A., & Wicaksono, J. B. (2024). Augmented reality: Impact on student engagement and learning. Hipkin Journal of Educational Research, 1(2), 239-250.

Ganda, M. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Diskusi Pada Pembelajaran Bahasa Inggris di SMPN 5 KABUPATEN TEBO. JIPP (Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi), 1(2), 74-81.

Gumelar, M. R. M., Dwiyanti, G. P., & Hadiapurwa, A. (2021). Efektivitas penggunaan kuis interaktif berbasis video conference terhadap pemahaman materi pada mahasiswa. Inovasi Kurikulum, 18(2), 166-177.

Harahap, R., et al. (2021). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Cendekia, 2(1), 1–10.

Hendrawan, G. B., & Marlina, R. (2022). Persepsi siswa terhadap penggunaan game edukasi digital pada pembelajaran matematika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 395-404.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1992). The Action Research Planner: Panduan Penelitian Tindakan untuk Guru dan Peneliti Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Kusnierek, A. (2015). Developing students’ motivation in learning English as a foreign language. In M. Pawlak & E. Waniek-Klimczak (Eds.), Issues in teaching, learning and testing speaking in a second language (pp. 19-35). Berlin: Springer.

Ndraha, H., & Harefa, A. R. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa. Journal on Education, 6(1), 5328–5339.

Rezeki, S. (2024). Aplikasi game edukasi: Meningkatkan pembelajaran dan minat belajar remaja di GGP Sanggabuana. Jurnal Silih Asih, 1(1), 9-16.

Samikir, & Santi. (2022). Buku sebagai teman belajar yang menyenangkan untuk mewujudkan tujuan pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi (JIPP), 2(1), 1–7.

Slameto. (2018). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Srimuliyani, S. (2023). menggunakan teknik gamifikasi untuk meningkatkan pembelajaran dan keterlibatan siswa di kelas. Educare: Jurnal Pendidikan dan Kesehatan, 1(1), 29-35.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-19