enerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas 7D SMPN 36 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28119Kata Kunci:
culturally responsive teaching, hasil belajar, motivasi belajarAbstrak
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengevaluasi keefektivan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dalam pembelajaran Bahasa Inggris dengan materi School Buildings terhadap peningkatan hasil belajar serta minat belajar Bahasa Inggris peserta didik kelas VII-D di SMP Negeri 36 Surabaya. Penelitian ini melibatkan 26 peserta didik sebagai partisipan dan dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran, yang mengintegrasikan unsur budaya lingkungan sekolah ke dalam materi pembelajaran. Analisis data hasil belajar dilaksanakan secara kuantitatif dengan menghitung rata-rata nilai ujian peserta didik, yang menunjukkan adanya peningkatan signifikan dari 65,77% di siklus 1 menjadi 87,20% pada siklus II. Di samping itu, hasil kuisioner mengenai minat belajar juga menunjukkan bahwa peserta didik juga menunjukkan bahwa peserta didik memiliki minat belajar yang sangat tinggi terhadap pelajaran Bahasa Inggris. Aspek-aspek minat yang teridentifikasi meliputi perhatian, keterlibatan aktif, rasa ingin tahu, serta pandangan terhadap kebermanfaatan pelajaran. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan CRT berhasil menciptakan suasana belajar yang selaras dengan latar belakang peserta didik, sehingga mampu untuk meningkatkan minat serta pencapaian belajar peserta didik dalam mata pelajaran Bahasa Inggris.
Referensi
Agung Jayadi, N. N. (2025). Implementasi Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Pada Materi Getaran dan Gelombang Untuk Meningkatkan Minat Belajar IPA. JITERA: Journal in Teaching and Education Area, 2(1), 92-102.
Crystal, D. (1997). English as a Global Language Second Edition (Vol. 2). Cambridge: Cambridge University Press.
Gay, G. (2000). Culturally Responsive Teaching: Theory, Research, and Practice. New York: Teachers College Press.
Gunawan Tambunsaribu, Y. G. (2024). Masalah yang Dihadapi Pelajar Bahasa Inggris dalam Memahami Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Dialektika, 8(1), 30-41.
Huzaimatul Khalisah, R. F. (2024, August). Penerapan PjBL (Project Based Learning) dengan Pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bioteknologi Kelas X-7 SMA Negeri 5 Jember. Jurnal Biologi, 1(4), 1-9.
Iva Arin Lusida, D. E. (2024, May 20). Implementasi Pendekatan Culturally Responsive Teaching Materi Tentang Masa Sebelum Uang Ditemukan pada Peserta Didik Kelas IV SDN Pakis V Surabaya. Indonesia Research Journal on Education, 4(1), 174-180.
Lutfi Wahyu Setyowati, S. A. (2024). Analisis Minat Belajar Peserta Didik Menggunakan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 4(6), 5793-5801.
Mulyadi, A. K. (2025, February). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intellegences Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V SDIT Buahati Islamic School Karawang. Jurnal Primary Edu (JPE), 3(1), 36-47.
Nabila Nurbaitil Maqdis, A. D. (2024). Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta DIdik pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV. Jurnal Lempu PGSD, 1(2), 199-203.
Noviani, S. S. (2024). Pendekatan Culturally Responsive Teaching pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JSPE), 10(1), 65-79.
Riksa Wiryana, J. A. (2023, July). Permasalahan Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(3).
Rinza Fadia Enjelina, R. D. (2024, September). Penggunaan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk Menghasilkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Edutama: Jurnal Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 39 - 51.
Stephen Kemmis, R. M. (2014). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research (Vol. 1). Singapore: Springer Singapore.
Sutrisno, A. W. (2022). Development of a Learning Module Supported by Augmented Reality on Chemical Bonding Material to Improve Interest And Motivation of Students Learning For Senior High School. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 1916-1924.
Yani, H. (2020, July). Meningkatkan Pendidikan Karakter dan Pemahaman Konsep Geografi Melalui Penerapan Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Google Form. Indonesian Journal of Social Science Education, 2(2), 171-179.



