Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas VII C SMPN 36 Surabaya dengan Menggunakan Running Dictation dan Game Berbasis Teknologi Digital

Penulis

  • Ririn Rindayani Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Mas’ulah Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Yuniarti Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28117

Kata Kunci:

penguasaan kosakata, Running Dictation, Pembelajaran Berbasis Game Teknologi Digital, Pembelajaran Bahasa Inggris

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa inggris kelas VII C SMPN 36 Surabaya melalui penggunaan game Running Dictation dan game berbasis teknologi digital. Penelitian melibatkan 23 siswa sebagai partisipan dengan mengintegrasikan penggunaan Running Dictation dan Game Berbasis Teknologi Digital dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Pendekatan ini dirancang untuk menciptakan suasana belajar yang aktif, menyenangkan, dan mendorong partisipasi siswa secara optimal. Analisis data hasil tes kosakata Bahasa Inggris dilaksakan secara kuantitatif dengan menghitung jumlah siswa yang tuntas dari hasil tes kosakata Bahasa Inggris yang menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan hasil tes dari 30% di siklus I menjadi 78% di siklus II. Dengan pendekatan yang lebih menyenangkan dan partisipatif, siswa lebih termotivasi untuk belajar dan mengalami peningkatan hasil tes pada setiap siklus. Kemudian, hasil angket menunjukkan keterlibatan dan minat siswa yang tinggi dalam Pelajaran Bahasa Inggris. Penggunaan game edukatif ini tidak hanya meningkatkan hasil tes, tetapi juga meningkatkan minat, mendorong interaksi, kerja sama antarsiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Running Dictation dan Game berbasis digital mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran serta meningkatkan kosakata Bahasa Inggris siswa.

Referensi

Abidah, L., Asih, R. A., & Widodo, E. (2023). Digital Game-Based Learning as a Strategy to Expand Vocational Students’ Vocabulary: A Mixed Methods Approach. Journal of Education Technology, 7(3), 419–428.

Aisyah, L., & Hidayani, R. (2018). " Applying Running Dictation Strategy to Improve the Students’ Speaking Ability in IX-B Class Students at Medan State" In Proceedings of the 1st International Seminar on Foreign Language Teaching, Linguistics, and Literature (ISfLATEL-1) 144–150.

Ambarura, P. (2025). Metode Penulisan Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah Teori, Metodologi, dan Penyusunan Proposal. Widina Media Utama

Andika, M., & Mardiana, N. (2023). Edukasi Pentingnya Bahasa Inggris Di Era Globalisasi. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 246–251.

Azizah, D. M. (2022). Strategi Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa SD Bilingual di Yogyakarta. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 6(3), 676–687.

Hamdi, & Rahim, C. K. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika Di Sma Negeri 1 Sakti. Jurnal Sains Riset, 9(3), 68–79.

Hayu Ika Anggraini, Nurhayati, S. R. K. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Game Matematika BErbasis HOTS dengan Metode Digital Game Based LEarning (DGBL) Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 2(11), 1885–1896.

Jawad, Z. A. (2020). Running Dictation Technique for Promoting EFL Primary Pupils’ Spelling, Pronunciation & Vocabulary Retention. Al-Ustath Journal for Human and Social Sciences, 59(4), 75–88.

Kusuma, C. S. D. (2018). Integrasi Bahasa Inggris dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Efisiensi, XV(2), 43–50.

Lekawael, R. F. J., Lie, A. F., & Pesiwarissa, R. (2024). The Implementation of Running Dictation Strategy to Improve Students’ Vocabulary in Grade VIII at SMP Negeri 9 Ambon. Innovative: Journal Of Social, 4, 3441–3453.

Lozarito, K. K. S., & Segumpan, M. V. J. (2022). Effectiveness of Digital Games in Students’ Vocabulary. International Journal of English Language Teaching, 10(3), 8–14.

Lubis, J. P., Fitri, N. Z. N., & Ridwan, S. C. (2024). Pentingnya Menguasai Bahasa Inggris dan Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Berbahasa Inggris. Karimah Tauhid, 3(3), 3599–3605.

Morales, L. M. B., Castillo, J. R. G., & R., C. R. (2024). A Systematic Review on The Effectiveness of Digital Game-Based Learning in the Development of Vocabulary Skills. International Journal of Multidixiplinary Studies in Higher Education, 1(1), 58–66.

Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). In Deepublish Publisher.

Rikmasari, R., & Muharrom, P. (2018). Upaya Peningkatan Penguasaan Kosakata Melalui Metode Running dictation Pada Mata PElajaran Bahasa Inggris KElas V di MIT Attaqwa 01 Bekasi. Pedagogik, 6(2), 117–125.

Sawal M, A., Pardiman, P., & Nurhidayah, N. (2024). Sosialisasi Pendidikan Tinggi Dalam Peningkatan Pembangunan Sumber Daya Manusia Berkualitas. Jurnal SOLMA, 13(1), 503–512.

Shafara, I. Z., Hasyim, U., & Jombang, T. (2024). Running Dictation : an Effective Strategy for Teaching Vocabulary. Discovery: Jurnal Ilmu Pengetahuan 09(2), 95–102.

Valentina, F. R., Rosnaningsih, A., & Muttaqien, N. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas III di SDN Karawaci Baru 4. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 2112–2124.

Whatoni, A. S., Anwar, Y. A. S., & Namira, D. (2024). Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Minat Belajar Kimia Peserta Didik. DIDAKTIKA Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 2(1), 22–28.

Yadi, M., & Karim, M. F. A. (2024). The Effect of Students’ Vocabulary Mastery through Dictation Games. JOEY: Journal of English Ibrahimy, 3(2), 65–74.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-19