Peningkatan Kemampuan Menulis Descriptive Text Melalui Media 3D Pictures pada Siswa Kelas VII-C SMPN 18 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28112Kata Kunci:
descriptive text, media 3D Pictures, kemampuan menulisAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis descriptive text pada siswa kelas VII-C SMPN 18 Surabaya melalui pemanfaatan media 3D Pictures. Latar belakang penelitian ini didasari oleh hasil observasi dan asesmen awal yang menunjukkan bahwa kemampuan menulis siswa masih rendah, dengan rata-rata nilai 65, di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 80. Permasalahan yang diidentifikasi meliputi kesalahan gramatikal, kesulitan menyusun kalimat, rendahnya motivasi dan kepercayaan diri siswa, serta minimnya variasi media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Media 3D Pictures dipilih karena dapat memberikan pengalaman belajar yang visual dan interaktif, sehingga mampu meningkatkan pemahaman, minat, dan motivasi siswa dalam menulis. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, tes menulis, dan angket persepsi siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan menulis siswa, baik dari segi struktur teks, kosakata, maupun kepercayaan diri. Selain itu, siswa memberikan persepsi positif terhadap penggunaan media 3D Pictures dalam pembelajaran. Temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pembelajaran inovatif di sekolah.
Referensi
Agustin, M., & Rachmadtullah, R. (2019). The effectiveness of visual media to improve students’ writing skill. Journal of Education and Learning, 13(2), 123–130.
Fiore, S. M., et al. (2019). 3D visualization and learning: Current perspectives. Educational Technology Research and Development, 67(3), 593–615. https://doi.org/10.1007/s11423-019-09636-4
Graham, S., MacArthur, C. A., & Hebert, M. (2018). Best practices in writing instruction (3rd ed.). Guilford Press.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The action research planner (3rd ed.). Deakin University Press.
Nugroho, A., & Sari, N. (2021). The use of 3D pictures in teaching descriptive text. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, 9(1), 45–53.
Nurhayati, D. A. W. (2022). Pengaruh penggunaan media pembelajaran inovatif terhadap motivasi dan hasil belajar Bahasa Inggris siswa SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 23(1), 45–56.
Pratama, A. D., & Astuti, R. (2022). The effectiveness of digital media in teaching writing skills. Journal of English Language Teaching and Linguistics, 7(1), 120–134.
Putri, R. A., & Dewi, R. S. (2021). Improving students’ writing skills through digital media. English Language Teaching Educational Journal, 4(2), 78–85.
Rahmawati, N. (2022). Increasing students’ motivation and writing skill through visual media. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 22(1), 112–120.
Richards, J. C., & Renandya, W. A. (2022). Methodology in language teaching: An anthology of current practice (2nd ed.). Cambridge: Cambridge University Press.
Sari, D. P., & Pratiwi, N. (2021). Students’ difficulties in writing English descriptive text. Journal of English Language Teaching and Literature, 6(2), 101–109.
Setiawan, D., & Mulyani, E. R. (2020). The impact of media variation on students’ writing achievement. Jurnal Pendidikan, 8(1), 55–61.
Sulastri, D. (2020). Peningkatan keterampilan menulis bahasa Inggris pada materi procedure text menggunakan Microsoft Sway [Manuskrip tidak diterbitkan].
Wahyuni, S. (2023). Analysis of students’ writing problems in descriptive text. Journal of English Teaching, 9(1), 42–50.
Yuliana, S., & Sari, M. (2023). Students’ motivation and anxiety in writing English. ELT Journal, 7(1), 33–41.



