PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28111Kata Kunci:
Penelitian Tindakan Kelas, Model Teams Game Tournament, Matematika, Sekolah DasarAbstrak
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di kelas V-D SDN Bulak Rukem 1 membuktikan bahwa penerapan model Teams Games Tournament (TGT) secara signifikan meningkatkan hasil belajar matematika. Tingkat ketuntasan siswa meningkat dari 18% pada prasiklus menjadi 50% di siklus I, dan mencapai 95% di siklus II Selain meningkatkan pemahaman terhadap materi matematika, khususnya Bangun Datar, model TGT juga menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan serta mendorong keterampilan sosial seperti komunikasi, kerja sama, dan berpikir kritis. Guru disarankan untuk lebih kreatif dalam menerapkan metode pembelajaran seperti TGT dengan perencanaan yang matang. Sekolah juga diharapkan mendukung penggunaan media digital, dan penelitian lanjutan perlu dilakukan untuk mengkaji efektivitas metode ini di mata pelajaran dan jenjang lain dalam pendidikan dasar.
Referensi
Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pambudi, M. R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan Media Quiziz Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Geographical Science and Education, 39-46.
Pambudi, M. R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) dengan Media Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Geographical Scienes and Education, 39-46.
Ruseffendi, E. T. (2010). Dasar-dasar penelitian pendidikan dan bidang non-eksakta lainnya.
Russeffendi, E. T. (t.thn.). Dasar-dasar penelitian pendidikan dan bidang non-eksakta lainnya.
Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Sardiman. (2012). Interaksi dan motivasi belajar mengajar.
Slavin. (1995). Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. Boston: Allyn & Bacon.
Slavin, R. E. (2005). Educational Psychology: Theory and Practice (8th ed). Boston: Allyn & Bacon.
Slavin, R. E. (2008). Educational Psychology: Theory and Practice (8th ed). Boston: Pearson Education.
Yuliawati, N. A. (2021). Penerapan Model TGT (Teams Game Tournament) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Indonesian Journal of Educational Development, 356-364.



