PENGGUNAAN FLASHCARDS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS 7A SMP NEGERI 18 SURABAYA TAHUN 2024/2025

Penulis

  • Wahyu Ernita Dewi Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Waode Hamsia Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Sulastri SMP Negeri 18 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28110

Kata Kunci:

Flashcards, Keterampilan berbicara, Communicative Language Teaching (CLT), Descriptive Text

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara (speaking skill) siswa kelas VII A SMP Negeri 18 Surabaya melalui penggunaan media flashcards. Penelitian menggunakan pendekatan campuran (mixed methods) dengan data kuantitatif berupa nilai pre-test dan post-test serta data kualitatif dari angket dan wawancara siswa. Pembelajaran dilakukan dalam dua siklus tindakan dengan menggunakan metode Communicative Language Teaching (CLT) dan Contextual Teaching and Learning (CTL). Media yang digunakan meliputi flashcards analog, QR flashcards, dan penerapan game-based learning melalui aktivitas bermain kartu. Metode peer teaching juga diterapkan untuk mendukung interaksi antar siswa. Hasil analisis nilai menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar berbicara dari 46,88% pada pra-siklus menjadi 100% pada post-test siklus II, dengan rata-rata nilai meningkat dari 65,4 menjadi 83,2. Data angket mengungkapkan bahwa 78% siswa merasa kepercayaan diri mereka meningkat, 69% lebih berani berbicara, 91% sangat menyukai penggunaan flashcards, dan 88% merasa flashcards membantu pemahaman kosakata dengan mudah. Hasil wawancara mendukung temuan tersebut dengan menunjukkan bahwa siswa menganggap pembelajaran dengan flashcards menyenangkan, efektif, dan memotivasi mereka untuk aktif berbicara Bahasa Inggris. Dengan demikian, penggunaan media flashcards yang dikombinasikan dengan peer teaching dan game-based learning terbukti efektif meningkatkan keterampilan berbicara, motivasi, dan kepercayaan diri siswa kelas VII A SMP Negeri 18 Surabaya.

Referensi

Azmi, A. A. (2024). Digital Flashcards and Game-Based Learning: Enhancing Engagement and Speaking Skills in EFL Learners. ELT Research Journal, 12(1), 30–45. EFLCafe.net. (2024). Best Classroom Tools for Speaking Practice: A Case Study of Flashcard Usage. Retrieved from https://eflcafe.net/articles/flashcard- speaking-tool-2024

Pimada, D. A., Prabandari, N., & Afifah, D. (2020). The Effectiveness of Flashcards in Enhancing Students’ Speaking Ability. Journal of English Language Teaching, 9(3), 211–218.

Ramdhani, A. R. (2022). Flashcards as a Collaborative Tool to Improve Speaking Fluency in EFL Classroom. International Journal of English Language Studies, 4(1), 55–63.

Sartika, R. (2020). Utilizing Visual Flashcards to Teach Grammar and Speaking in Junior High School. Language and Education Journal, 5(2), 143–150.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-19