PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MULTIMEDIA INTERAKTIF KODEKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL SURABAYA SISWA KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28109Kata Kunci:
Hasil belajar, multimedia interaktif kodeka (komposisi dan dekomposisi matematika), kearifan lokalAbstrak
Matematika sering dianggap menjadi mata pelajaran yang sulit dan menakutkan bagi peserta didik. Salah satunya dikarenakan kurangnya sumber belajar di kelas dan mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas V sekolah dasar pada materi komposisi dan dekomposisi bilangan cacah. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian peserta didik di kelas VA SDN kapasan III Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan, nilai rata-rata pada siklus I sebesar 76.42%, hal ini menunjukkan peningkatan dibanding saat pra siklus atau observasi awal, namun hasil ini belum mencapai ketuntasan klasikal sehingga terdapat evaluasi dan refleksi pada pembelajaran siklus II. Pada siklus II menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa menjadi 90.10% dan sudah memenuhi persentase ketuntasan klasikal yang diharapkan. Peningkatan sebesar 13.68% ini menunjukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif kodeka berbasis kearifan lokal Surabaya mampu meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar.
Referensi
Arikunto, S. (2010) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Aziiz, M. S. Al, & Kurnia, D. (2024). Model Pembelajaran: Problem Based Learning & Project Based Learning. INFINITUM: Journal of Education and Social Humaniora, 1(1), 62–81.
Cahyani, A.N., Kironoratri, L., & Ermawati, D. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Papan Diagram Pada Siswa Kelas V SD. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(04), 916.
Ermawati, D., Anisa, N. R., Saputro, R. W., Ummah, N., & Azura, F. N. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD 1 Dersalam. Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora. 3(02), 84.
Fatin, I., Sofi, Y., Umi, R., Fitri, A., & Yunita, S. (2024). Keterampilan Kolaborasi Calon Guru Bahasa Indonesia dalam Proyek Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Kegiatan Lesson Study. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 6(02), 135-138.
Handayani, A.T.T., Trisniawati., & Rhosyida, Nelly. (2022, Mei). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Liveworksheet Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Wiro. Prosiding Seminar Nasional PGSD. (pp. 14)
Haerunnisa, N., Ari, W., Nasution. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Kampung Nambangan sebagai Sumber Pendidikan Karakter Siswa Pada Pembelajaran IPS di SD. ELSE (Elementary School Education Journal), 4 (02), 20.
Joanna, Ingke., & Khoirul Anwar. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Baamboozle Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar Siswa. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri. 09(03), 325.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2022). Peringkat Indonesia pada PISA 2022. Diakses dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/12/peringkat-indonesia-pada-pisa-2022-naik-56-posisi-dibanding-2018
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah. (2022). Standar Nasional Pendidikan (SNP). Diakses dari https://kurikulum.kemdikbud.go.id/pengembangan-kurikulum
Mappanyompa, & Ali, M. (2017). Urgensi Penggunan Multimedia Interaktif terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VA MIN Malang 2. Jurnal Ibtida’iy, 2(2), 54–80.
Mawardah, S. A., Khamdun., & Ermawati, D. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Bangun Datar Siswa Kelas IV SD Pasca Pandemi. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(03), 1455.
Nabillatuzzahra., Nurfitriani, M., & M. Fahmi, N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Mathplafi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Pada Materi Bangun Datar. Edukasi Teknik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. 5(02), 17.
Nur, D, S, P., Fitriah, I., Tyara, A., & Arita, M. 2022. Analisis Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora. 2 (02), 367-370.
Patricia, F. A., & Zamzam, K. F. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Materi Himpunan Berbasis Puzzle Dengan Pendekatan Kontekstual. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 09(04), 1112–1122.
Royani, A. (2017). Penerapan Teknik Pembelajaran Kooperatif NHT dalam Meningkatkan Pemahaman tentang Bumi Bagian dari Alam Semesta. Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(3), 294–311.
Rusfriyanti, R.B., & Shokib, W, R. (2023). Implementasi Multimedia Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 09(02), 85-86.
Setyaningsih, E. (2023). Perkembangan Multimedia Digital dan Pembelajaran. Indonesian Journal of Learning and Instructional Innovation. 1 (01), 27.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatiif, dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.



