PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DENGAN PENDEKATAN TARL DAN KONTEKSTUAL BERBASIS BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28108Kata Kunci:
PBL, Tarl, Kontekstual, Hasil BelajarAbstrak
pembelajaran PBL dengan pendekatan tarl dan kontekstual berbasis budaya pada mata pelajaran Matematika. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek Penelitian menggunakan peserta didik kelas VE SDN Banyu Urip III Surabaya dengan jumlah peserta didik 29 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam kajian ini adalah observasi dan tes. Bentuk analisis informasi yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil nilai evaluasi pra siklus didapatkan rata-rata sebesar 50 (48%) dimana peserta didik belum tuntas dalam belajar. Pada siklus I didapatkan rata-rata nilai peserta didik sebesar 69,7 (70%) sudah mencapai ketuntasan hasil belajar. Selain itu pada siklus II 84,8 (85%) telah tuntas dalam belajar. Mengingat ketetapan indikator keberhasilan, tingkat pemenuhan hasil belajar siswa khususnya 85% peserta didik telah mencapai nilai ≥ 80, pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran PBL dengan pendekatan tarl dan kontekstual berbasis budaya dapat dinyatakan berhasil. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep matematika, tetapi juga menumbuhkan minat dan motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Peningkatan ini juga perubahan perilaku peserta didik selama proses pembelajaran.
Referensi
Ahyar, dkk. (2022) Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatkan Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan). 5 (11) 5241-5246
Amris, F. K., & Desyandri, D. (2021). Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2171-2180.
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
Cahyani, H. D., Hadiyanti, A. H. D., & Saptoro, A. (2021). Peningkatan sikap kedisiplinan dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan penerapan model pembelajaran problem based learning. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 919-927.
Farisi, A., Fauzia, L., & Juliawan, D. (2017). Metode Ceramah Untuk Menyampaikan Konsep Matematika Yang Bersifat Abstrak Membuat Peserta Didik Sulit Memahami Materi.
Hopkins, D. (2008). A Teacher’s Guide to Classroom Research (4th Edition). Open University Press.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Deakin University Press.
Rusman, (2014) Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Edisi ke-2, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Suharyani, S., Suarti, N. K. A., & Astuti, F. H. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak Di SD IT Ash-Shiddiqin. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 470-479.
Widyastuti, R. T., & Airlanda, G. S. (2021). Efektivitas model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1120-1129.
Yustiana, S., & Ulia, N. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Diri Berbasis Pembelajaran Kontekstual. Profesi Pendidikan Dasar, 6(2), 179-188



