MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN TARL UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI PECAHAN SENILAI

Penulis

  • Alfiatun Hasanah Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Yuni Gayatri Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Supardji Edi Santoso SDN Kedung Cowek 1 Nomor 253

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28106

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Motivasi, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Teaching at the Right Level

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah yang dipadukan dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) pada materi Pecahan Senilai di kelas IV A SDN Kedung Cowek 1/253. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek 25 peserta didik. Instrumen penelitian meliputi observasi, angket motivasi belajar, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kedua aspek tersebut. Ketuntasan hasil belajar peserta didik meningkat dari 40% pada pra-siklus menjadi 68% pada siklus I dan mencapai 88% pada siklus II. Motivasi belajar peserta didik juga mengalami peningkatan, yaitu dari 36% pada pra-siklus menjadi 44% pada siklus I, dan kemudian mencapai 92% pada siklus II. Peningkatan ini didukung oleh penggunaan media pembelajaran yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan peserta didik, yaitu simulasi digital untuk kelompok mahir, papan tarik pecahan untuk kelompok cukup, dan media kontekstual berupa potongan roti untuk kelompok perlu bimbingan. Temuan ini membuktikan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan TaRL efektif dalam meningkatkan hasil dan motivasi belajar peserta didik pada materi Pecahan Senilai.

Referensi

Agustin, Silviana et al. 2024. “Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Pada Materi Sistem Gerak Kelas 6 SDN Pakis V Surabaya.” Journal of Education and Pedagogy 1: 70–76.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2018. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: penerbit gava media

Ledoh, Cartika Candra et al. 2025. Pendidikan Abad 21: Menyambut Transformasi Dunia Pendidikan Di Era Society 5.0. eds. Efitra and Elok Pamela. Jambi: PT. Sonpedia Publisher Indonesia.

Novia, Lisa Fidia, Imaniar Purbasari, and Lisa Noorwahyuni. 2025. “DENGAN PENDEKATAN TARL BERMEDIA FLASHCARD DI KELAS 1 SD MUHAMMADIYAH BIRRUL WALIDAIN Menyenangkan , Kontekstual , Dan Interaktif , Yang Memungkinkan Siswa Membangun Dan Melaksanakan Pembelajaran Matematika Yang Efektif Dan Inklusif , Yang Mampu Pencapaian Hasil Belajar Yang Belum Optimal . Fakta Ini Didukung Oleh Data Dari Dapodik Yang Bawah Rata-Rata Capaian Mata Pelajaran Lainnya .” 6(3): 3375–85.

Ritawati, Bernadeta, Sepriani Liliana, and Nasri Tupulu. 2024. Materi Pecahan. Pekalongan: Penerbit NEM.

Sawitri, Made Heny. 2024. Problem-Based Learning Berbasis Trihita Karana: Sebuah Pengantar. Bandung: Nilacakra.

Silvia, Agus Lina, Ninik Srijani, and Patuh Muhajir. 2025. “Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IV Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan TaRL.” 2.

Yulianti, Eva, and Ratnasari Diah Utami. 2024. “Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sd.” Fondatia Jurnal Pendidikan Dasar 8: 140–53.

Zahra, Khalishatun, Arfan Diansyah, and Imelda M Gultom. 2024. “Penerapan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik.” ALACRITY : Journal of Education 4(1): 107–18.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-19