Pembelajaran Cultural Responsive Teaching Berbasis Kue Tradisional untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Diagram Turus Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28104Kata Kunci:
Cultural Responsive Teaching, Kemampuan Berhitung, Diagram Turus, Pembelajaran MatematikaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan berhitung Diagram Turus Kelas II di SDN Banyu Urip III/364, Surabaya melalui penerapan pembelajaran Cultural Responsive Teaching berbasis kue tradisional. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas selama dua siklus. Data yang dihimpun terbagi menjadi dua yaitu kuantitatif dan kualitatif. Data Kuantitatif didapatkan dari hasil evaluasi belajar peserta didik sedangkan kualitatif didapatkan dari Deskripsi Angket Kemampuan Berhitung peserta didik dalam pembelajaan Matematika dengan menyesuaikan karakteristik dan kebutuhan peserta didik di kelas IIE SDN Banyu Urip III yang berjumlah 28 Peserta didik. Selain itu dari Hasil Observasi guru dalam pelaksanaan pembelajaran juga dinilai sebagai penguat data yang didapatkan. Selain observasi, penelitian ini juga mengammbil angket kemampuan berhitung yang dinilai bersama guru di akhir pembelajaran serta dokumentasi pembelajaran bersama peserta didik. Dari Hasil yang didapatkan adalah adanya perbandingan nilai observasi guru di siklus 1 yaitu 87,5% hingga di siklus 2 menjadi 95%, nilai evaluasi belajar peserta didik di siklus 1 yaitu 82,14% hingga di siklus 2 menjadi 87,5% serta hasil angket kemampuan berhitung peserta didik yang dinilai 72 dengan presentase ketuntasan 65% pada siklus 1 hingga menjadi 85 dengan presentase mencapai 93% setelah dilakukan siklus 2. Dari penelitian ini terbukti menyatakan adanya peningkatan kemampuan berhitung peserta didik yang dilakukan menggunakan pendekatan cultural responsive teaching pada pembelajaran matematika materi Diagram Turus berbasis Kue dan Jajanan tradisional pada peserta didik kelas II di SDN Banyu Urip III, Surabaya.
Referensi
Arrafi, A., & Masniladevi, M. (2020). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) sebagai Upaya Meningkatkan hasil Belajar Matematika di SD. Journal of Basic Education Studies, 3(2), 750–774.
Asdarina, O., & Ridha, M. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Setara Pisa Konten Geometri. Jurnal Numeracy, 7(2), 192–206. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i2.1167
Balyta, P. (2018). Survey Says: Kids Like Math! Texas Instruments Education Technology.
Bataona, Y. P. S., & Lake, A. C. O. R. (2021). Percakapan Sederhana: Sebuah Pendekatan Inovatif Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 80–90.
Education GPS, O. (2019). Indonesia-Student Performance (PISA 2018).
Fidayanti, M., & Shodiqin, A. (2020). Analisis Kesulitan Dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan. 3(1), 88–96.
Fithrotuzzahroh. (2024). Penerapan Pendekatan Teaching At The Right Level (TaRL) untuk meningkatkan Hasil Belajar. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School JIEES.
Fitriah, L., Esterya, M., Gaol, L., Cahyanti, N. R., Maharani, N., & Iriani, I. T. (2024). Pembelajaran Berbasis Pendekatan Culturally Responsive Teaching Di Sekolah Dasar. 4(6), 643–650. https://doi.org/10.17977/um064v4i62024p643-650
Jusmawati, Satriawati, Irman, R., Rahman, A., & Arsyad, N. (2020). Model-Model Pembelajaran di Sekolah Dasar.
Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729
Khoiri, A. W., & Sulisawati, D. N. (2025). Identifikasi Diskalkulia Pada Siswa Sekolah Dasar Dalam Materi Penjumlahan Dan Pengurangan. 10(1).
Manik, H., C B Sihite, A., Sianturi, F., Panjaitan, S., & Hutauruk, A. J. B. (2022). Tantangan Menjadi Guru Matematika dengan Kurikulum Merdeka Belajar di Masa Pandemi Omicron Covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 328–332. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3048
Permata Yuniar, A., & Hendrayana, A. (2021). TIRTAMATH : Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika Analisis Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas Virtual di SMA. Tirtamath (Jurnal Penelitian Dan Pengajaran), 3, 80–94.
Permatasari, A. cahyani, Sari, J. A., Winanda, T., Saputra, R. I., Silvi, Annisa, P., & Fitriani, E. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 421–423. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.845
Sriyanto. (2017). Mengobarkan Api Matematika: Membelajarkan Matematika yang Kreatif dan Mencerdaskan (M. A. Rudhito (ed.)). CV Jejak (Jejak Publisher).
Sulastri, S., Ratnawati, R., & Radhiyani, F. (2021). Membangun Minat Siswa Sekolah Dasar Pemulung Dalam Mempelajari Bahasa Inggris Melalui Metode Fun Learning. Madaniya, 2(3), 253–265. https://doi.org/10.53696/27214834.87



