PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPAS KELAS V SDN KEDUNG COWEK 1/253 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28102Keywords:
Project Based Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, KognitifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas V SDN Kedung Cowek 1/253 Surabaya. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model spiral Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 28 siswa kelas V. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat dari 68% (Siklus I) menjadi 86% (Siklus II), sedangkan hasil belajar kognitif meningkat dari 64% menjadi 82%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa penerapan PjBL secara sistematis dapat mendorong siswa untuk aktif, kolaboratif, dan lebih memahami materi secara mendalam. Model ini juga terbukti mampu menciptakan suasana pembelajaran yang lebih bermakna dan menyenangkan.
References
Ardana, MR, & Annisa, M. (2024). PENINGKATAN AKTIVITAS, MOTIVASI, KARAKTER WASAKA DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DAN STEM INTEGRATED SNOWBALL THROWING PADA KELAS IPA VA SDN SN SUNGAI MIAI 5 BANJARMASIN. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar , 9 (04), 809-826.
Betu, F. S. (2024). Pentingnya Keterampilan Bertanya Peserta Didik: Kompetensi Penting Dalam Kurikulum Merdeka. Atma Reksa: Jurnal Pastoral Dan Kataketik, 8(2), 1-16.
Budiarti, Y., & Putri, KN (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Peserta Didik Sekolah Dasar. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 10 (1), 64-78.
Bulkini, J., & Nurachadijat, K. (2023). Potensi Model PJBL (Project-Based Learning) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Azzainiyyah Nagrog Sukabumi. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 3(1), 16-21.
Elisabet, E., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran project based learning (PjBL). Journal of Education Action Research, 3(3), 285-291.
Hapsari, D. I., Airlanda, G. S., & Susiani, S. (2019). Penerapan project based learning untuk meningkatkan motivasi belajar matematika. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 2(1), 102-112.
Nugraha, A. R., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPA pada siswa kelas 5 SD. Kalam Cendekia Pgsd Kebumen, 6(4.1).
Syaifudin, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Borneo: Journal of Islamic Studies, 1(2), 1-17.
Widiawati, TK, & Kristin, F. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 Sekolah Dasar Negeri Tingkir Lor 02 Tahun 2023-2024. Jurnal Pendidikan Matematika Sigma [JMES] , 6 (1).
Zaeriyah, S. (2023). Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa menggunakan model project based learning (pjbl) berbasis tik-tok. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 106-111.



