Optimalisasi Hasil Belajar Peserta didik Pendidikan Pancasila melalui Model Problem Based Learning Berbasis Media Audio Visual di Kelas IV SDN Pagesangan Surabaya

Penulis

  • Sylvia Hapsari Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Badruli Martati Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Hayyu Suzan Rahmawatie SDN Pagesangan 426 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28101

Kata Kunci:

Problem Based Learning, Media Audio Visual, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila, Keutuhan NKRI

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi Perilaku yang Menunjukkan Sikap Menjaga Keutuhan NKRI melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbasis media audio visual. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Pagesangan Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dalam model PBL dapat meningkatkan keaktifan, motivasi, dan hasil belajar peserta didik. Peningkatan terlihat dari skor pretest dan posttest pada masing-masing siklus. Pada siklus I, hasil belajar meningkat dari 43% (pretest) menjadi 60% (posttest), sedangkan pada siklus II meningkat dari 53% (pretest) menjadi 77% (posttest). Selain itu, terjadi perubahan perilaku belajar peserta didik dari pasif menjadi aktif, serta peningkatan efektivitas guru dalam merancang pembelajaran yang menarik dan bermakna. Dengan demikian, penerapan model Problem Based Learning berbasis media audio visual terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila.

Referensi

Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27–35. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/Diffraction

Dwinda, T. S., Siregar, S. N., & Saragih, S. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Statistika Peserta Didik Kelas VIII.3 SMP Negeri 42 Pekanbaru. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 464–474. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2991

Enjellika, N., & Yudha, R. K. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Pembentukan Karakter Siswa di SD Negeri 10 Kepahiang. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 120–126. https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1167

Mainnah, H. M., Lisdayanti, S., Yudha, R. K., & Bengkulu, U. M. (2024). IMPLEMENTASI PENERAPAN NILAI-NILAI PANCASILA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SD NEGERI 04 KOTA BENGKULU. 8(12), 232–237.

Martati, B., Mirnawati, L. B., & Firmannandya, A. (2023). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Sekolah Dasar. Conference of Elementary Studies, 127–133.

Nur, R., Truvadi, L., Agustina, R., & Salam, I. (2023). Peran Pendidikan Pancasila dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia: Tinjauan dan Implikasi. Jurnal Advances in Social Humanities Research, 1(4), 501–510.

Oktadela, R., Mukhaiyar, Gistituati, N., & Amri, Z. (2020). Developing problem based learning / PBL model based on character. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3), 4165–4167.

Sari, R. N., & Dewi, K. (2023). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Pengetahuan Pendidikan Seks Pada Anak Kelas B Di PAUD Putra Bangsa Desa Niur. Journal Of Social Science Research, 3, 14814–14825.

Sofiana, R. A., Fajrie, N., & Hilyana, F. S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 3027–3034. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5969

Wijaya, H., Amir, A., Riyanti, D., Claudia Setiana, S., & Sari Somakila, R. (2023). Siklus Kemmis dan McTaggart Contoh dan Pembahasan. January 2024, 1–122.

Ziliwu, M. H., Bawamenewi, A., Lase, B. P., & Harefa, H. O. N. (2024). Peranan Pendidikan Pancasila dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 9956–9965. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5839

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-19