MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOLABORASI SISWA KELAS IV MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DENGAN PENGELOMPOKKAN HETEROGEN DI SDN SIDOTOPO 1 SURABAYA

Penulis

  • Nia Sylviana Sari Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Wiwi Wikanta Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Asri Widiyarno SD Negeri Sidotopo I Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28100

Kata Kunci:

Kolaborasi, Project Based Learning (PJBL), Penelitian Tindakan Kelas, Pengelompokkan heterogen

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa kelas IV SDN 1 Sidotopo Surabaya melalui model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dengan pengelompokan heterogen. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah 33 siswa. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi untuk menilai keterampilan kolaborasi berdasarkan empat indikator, yaitu kemampuan mengelola kelompok, bekerja dan belajar secara kolaboratif, memecahkan masalah, serta mengatasi perbedaan dalam kelompok. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata keterampilan kolaborasi dari 47,92% pada siklus I menjadi 75,00% pada siklus II. Peningkatan terjadi pada seluruh indikator, termasuk kemampuan mengelola kelompok, memecahkan masalah, bekerja kolaboratif, dan mengatasi perbedaan. Dengan demikian, PJBL dengan pengelompokan heterogen efektif diterapkan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa dalam proses pembelajaran aktif di kelas.

Referensi

Anggraeni, Ajeng., Aeni, N. A., Ismail, Ali. 2024. Pengaruh Model PjBL terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol.9, No.3

Apriani, F., N. Rohaeni, & Ana. 2015. Kemampuan Kolaboratif Mahasiswa pada Perkuliahan Bimbingan Perawatan Anak Melalui Kegiatan Lesson Study. Jurnal Family Education, 2(1), 7-15.

Fawwaziara, Salwa. E, Rahmawati, C., Dwi, R. N. (2024). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Melalui Model PBL Berbasis Culturally Responsive Teaching pada Pembelajaran IPA Kelas VII-A SMP N 13 Semarang. Seminar Nasional Pendidikan.

Kensiwi, D. Z. N, et al. 2025. Perbandingan Pembentukan Kelompok Heterogen dengan Kelompok Homogen Dalam Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Berprestasi Siswa di SMAN 3 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Vol. 9, No. 4

Nurwahidah. Samsuri, Taufik. et.al. 2021. Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Lembar Kerja Siswa Berbasis Saintifik. Journal center Vol. 1, No. 2

Rahayu, P., Sritumini, J. ; S. A., Pramiarsih, E. E., & Sritumini, B. A. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Kolaborasi Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis (Vol. 5, Issue 2)

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-19