Penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Augmented reality (AR) untuk meningkatkan hasil belajar Peserta didik pada materi bangun ruang
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28098Kata Kunci:
Problem Based Learning, Hasil Belajar, Bangun ruang, Augmented RealityAbstrak
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang seringkali dianggap sulit oleh peserta didik sekolah dasar, terutama pada materi bangun ruang yang bersifat abstrak dan memerlukan pemahaman spasial yang baik. Peserta didik kelas II SD sering mengalami kesulitan dalam membayangkan bentuk, sifat, dan perbedaan antar bangun ruang secara visual. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II sekolah dasar pada materi bangun ruang. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus di salah satu SD Negeri di Surabaya dengan subjek peserta didik kelas II. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterlibatan peserta didik, aktivitas guru, dan hasil belajar setelah penerapan model PBL berbantuan Augmented Reality (AR). Pada siklus I persentase ketuntasan atau hasil belajar peserta didik yakni 45% Dimana hanya 14 dari 26 peserta didik yang tuntas atau mencapai KKM, hal ini menunjukkan peningkatan dibanding saat pra siklus atau observasi awal, akan tetapi siklus I belum maksimal dalam penerapannya, terdapat evaluasi dan refleksi yang dapat dijadikan perbaikan pada pembelajaran siklus II. Pada siklus II persentase ketuntasan meningkat secara signifikan mencapai 85 % Dimana 22 dari 26 peserta didik tuntas atau mencapai KKM. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Augmented Reality (AR) efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II pada materi Bangun ruang.
Referensi
Agustina, N. A., & Wiratsiwi, W. (2024). Pengembangan Media Augmented Reality Pada Materi Volume Bangun Ruang Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn Baturno. 3(1), 40–48. https://doi.org/10.71264/aej.v1i1.12
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi Aksara.
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Arsyad, I., Panai, A. H., & Marshanawiah, A. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Bangun Ruang melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Kahoot pada Siswa Sekolah Dasar. 7(2), 790–803.
https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.4309
Aziiz, M. S. Al, & Kurnia, D. (2024). Model Pembelajaran: Problem Based Learning & Project Based Learning. INFINITUM: Journal of Education and Social Humaniora, 1(1), 62–81.
Fadillah, A., Alim, J. A., & Antosa, Z. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Pada Materi Pengenalan Geometri Di Kelas 2 Sdn 130 Pekanbaru. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 5(1), 11. https://doi.org/10.31258/jta.v5i1.11-20
Farid, I., Yulianti, R., Hasan, A., & Hilaiyah, T. (2022). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1707–1715.
Hopkins, D. (2008). A Teacher’s Guide to Classroom Research (4th Edition). Open University Press.
Husnaidi, H. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Augmented Reality (Ar) Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Ruang. Journal of Professional Elementary Education, 2(2), 281–288. https://doi.org/10.46306/jpee.v2i2.57
Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Deakin University Press.
Khasanah, M., Prastiwi, S. D., Sukiyanto, & Pardimin. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality (AR) Terintegrasi dengan Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang di Sekolah Dasar. x–65.
Maghfirah, H., Rahmi, C., Ridho, A., Putri, A., & Astrianda, N. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Flash 8.0 untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Informasi, 3(1), 33. https://doi.org/10.35308/jti.v3i1.9486
McNiff, J., & Whitehead, J. (2006). All You Need to Know About Action Research. SAGE Publications Ltd.
Mustafidhah, R. L., Maruti, E. S., & Suparmi. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Unsur Bangun Ruang pada Siswa Kelas V dengan Straw and Plasticine Model (Pjbl) Di SDN 2 Kunti. PENDAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01), 2569–2577.
Pujiati, P. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Topik Aritmetika Sosial. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(1), 1–6. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v14i1.4787
Puspitasari, L., Pradana, H. P., & Hasanah, H. (2024). Penerapan Media Augmented Reality Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Kumara Cendekia, 12(2), 115–126.
Rahman, H., Faisal, M., & Syamsuddin, A. F. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Interaktif. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 9(1), 12–24. https://doi.org/10.47435/jpdk.v9i1.2778
Rinaldi, R., Fahmi, K., & Masyitah, M. (2024). Tinjauan Literatur: Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif Di Tingkat Sekolah Dasar. Likhitaprajna Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Wisnuwardhana, 26(1), 20–28. https://doi.org/10.37303/likhitaprajna.v26i1.279
Sari, S. I., & Sutriyani, W. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Materi Bangun Ruang Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Integrated Elementary Education, 3(1), 1–15. https://doi.org/10.21580/jieed.v3i1.13295
Sholihin, A., Faudati, M., Septiyanti, I. F., Dewi, N. A. K., & Irfan, M. (2024). Implementasi Pendekatan Etnomatematika Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. 8, 24–32.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Wardany, E. P. K., & Rigianti, H. A. (2023). Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 250–261. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.541
Yasto, P. H., & Ridha, A. R. (2024). Penilaian Non Tes. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(1), 73–85.
Yunitasari, I., & Hardini, A. T. A. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971



