UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA MELALUI PRESENTASI BERBANTUAN MEDIA DIORAMA 3D DI KELAS 4 SDN SIDOTOPO I SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28097Kata Kunci:
Keterampilan komunikasi, Project Based Learning, diorama, siklus air, Penelitian Tindakan KelasAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik kelas IV SDN Sidotopo I melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) berbasis pembuatan diorama siklus air. Permasalahan yang ditemukan adalah rendahnya kepercayaan diri dan kemampuan siswa dalam menyampaikan ide secara lisan di depan kelas. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur peningkatan keterampilan komunikasi terdiri dari enam indikator, yaitu presentasi hasil diskusi, penggunaan bahasa tubuh, penghargaan terhadap pendapat, pemberian respon dan jawaban, pelaksanaan diskusi, serta penyampaian pendapat. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada semua indikator komunikasi antara siklus I dan siklus II. Misalnya, presentasi hasil diskusi meningkat dari 47% menjadi 70%, dan pelaksanaan diskusi meningkat dari 58% menjadi 81%. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan PJBL dengan media diorama dapat meningkatkan kemampuan komunikasi, rasa percaya diri, serta keterlibatan aktif peserta didik dalam pembelajaran. Penelitian ini juga memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas proses pembelajaran dan refleksi praktik mengajar guru.
Referensi
Astuti, A., & Leonard, L. (2015). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2). https://doi.org/10.30998/forma tif.v2i2.91
Daryanto. (2014). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (2017), Seri Pendidikan Orang Tua Komunikasi Efektif dengan Anak Usia SD. Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga.
Marfuah, M. (2017). Improving Students’ Communications Skills Through Cooperative Learning Models Type Jigsaw. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 148. https://doi.org/10.17509/jpis.v2 6i2.8313
Wilhalminah A., Rahman, U. dan M. (2017). Pengaruh Keterampilan Komunikasi Terhadap Perkembangan Moral Siswa Pada Mata Pelajaran. Biotek, 5(2), 37–52.



