nggunaan Math Playground sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas I SD dalam Pembelajaran Matematika

Penulis

  • Faisal Ramli Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Kunti Dian Ayu Afiani Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Novi Wulandari SDN Pacarkeling V Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28096

Kata Kunci:

Math Playground, Kemampuan Berpikir Kreatif, Matematika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur peningkatan berpikir kreatif siswa dengan berbantuan math playground pada kelas 1 SD mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan melalui beberapa tahapan antara lain perencanaa, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian keterampilan berpikir kreatif siswa meningkat dari siklus I ke siklus II dengan perolehan nilai ketuntasan pada siklus I sebesar 41,38% dengan rata-rata 62,9 sedangkan pada siklus II sebesar 89,65% dengan rata-rata 86,4. Berdasarkan hasil aktivitas siswa dan guru mengalami peningkatan ditiap siklusnya dengan perolehan nilai pada aktivitas guru 70,3% siklus I dan 93,5% siklus II, sedangkan pada aktivitas siswa diperoleh nilai sebesar 69,7% siklus I dan 97% siklus II.

Referensi

Acesta, A. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2b), 581–586. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.766

Afiani, Kunti Dian Ayu; Putra, D. A. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA KELAS III SD MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PENGAJUAN MASALAH. 1–23.

Andari, R. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Kahoot! Pada Pembelajaran Fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 135. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i1.2069

Ari Suriani, Rahmi Dwi Febriani, Reksa Putri Rulef, Dhea Anggraini, Fadel Muhamad Alfarraz, S. M. P. (2022). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN GUNA MENCIPTAKAN SUASANA BELAJAR YANG MENYENAGKAN DI SDN 01,02,03 BALAI PANJANG. 2(2), 52–56.

Azzahra, M. D., & Pramudiani, P. (2022). Pengaruh Quizizz sebagai Media Interaktif terhadap Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3203–3213. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1604

Fadila, M., Inayah, S., & Fatwa, V. C. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Triple S (Journals of Mathematics Education), 5(2), 97. https://doi.org/10.35194/ts.v5i2.2908

Febrianingsih, F. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 119–130.

Hagi, N. A., & Mawardi, M. (2021). Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 463–471. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.325

Haryanti, S. (2019). INSTRUMEN PENILAIAN BERPIKIR KREATIF PADA PENDIDIKAN ABAD 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 1–7.

Husen, D. N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. 3(2), 367–372.

Karimah, V. H., & Prastowo, A. (2023). Penerapan Math Playground sebagai Penunjang Karakteristik Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 816–825. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.637

Kharismawati Putri, R., Samsiyah, N., & Sri Maruti, E. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sd Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Video. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1, 1440–1448.

N. Kumalasari, M. Mahendra, & M. Suswandari. (2024). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Media Corong Berhitung. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 8(1), 181–190. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v8i1.3099

Qomariyah, D. N., & Subekti, H. (2021). Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif: Studi Eksplorasi Siswa Di Smpn 62 Surabaya. PENSA E-JURNAL: Pendidikan Sains, 9(2), 242–246. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/index

Rahmawati, N. S., Bernard, M., & Akbar, P. (2018). Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Journal On Education, 01(02), 344–352.

Sari, S. G., Fauzan, A., Armiati, A., & Yerizon, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Problem Based Learning di Kelas V SDN 22 Duku Kecamatan Koto XI Tarusan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 2123–2132. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.771

Sugiarni, R., Septian, A., Juandi, D., & Julaeha, S. (2021). Studi Penelitian Tindakan Kelas: Bagaimana Meningkatkan Pemahaman Matematis pada Siswa? Journal of Instructional Mathematics, 2(1), 21–35. https://doi.org/10.37640/jim.v2i1.905

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui pendekatan open-ended. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43–48. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/download/5328/2997

Utomo Aji, S., Aziz, T. A., & Hidajat, F. A. (2024). Kemampuan Berpikir Kreatif di Indonesia : Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 6(1), 37–44. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v6i1.29025

Wibowo, E. W., Abdillah, A., & Nugroho, W. (2020). Pengembangan Media Game Edukasi berbasis Macromedia flash Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan Di Kelas IV SD NU Sleman. Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 12(2), 105–118. https://doi.org/10.31603/edukasi.v12i2.4227

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-19