Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Kartu Permainan Berbasis Make a Match Pada Peserta Didik Kelas IV SD

Penulis

  • Nur Fatimatus Zahro Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • R Abidin Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Moch. Gusnul Arifin SDN Ploso V/176 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28094

Kata Kunci:

Make a Match, Hasil belajar, Matematika

Abstrak

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga menengah. Namun, dalam praktiknya, mata pelajaran ini sering dianggap sulit, rumit, dan menakutkan oleh peserta didik karena tingkat kesulitannya yang tinggi. Kondisi ini dapat menyebabkan peserta didik mudah merasa putus asa, yang pada akhirnya berdampak pada rendahnya hasil belajar, bahkan berada di bawah nilai rata-rata. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV pada materi bangun datar. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV B SDN Ploso V/176 Surabaya. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan bantuan kartu permainan. Pada siklus I, persentase ketuntasan belajar mencapai 41,4%, yaitu sebanyak 12 dari 29 peserta didik. Meskipun demikian, pelaksanaan pada siklus I belum optimal sehingga dilanjutkan ke siklus II. Hasil siklus II menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar sebesar 86,3% atau 25 dari 29 peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berbantuan kartu permainan efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas IV B SDN Ploso V/176 Surabaya, khususnya pada materi bangun datar.

Referensi

Anis Munfarikhatin, Sadrack Luden Pagiling, & Irmawaty Natsir. (2022). Fenomena Literasi Matematika Siswa Di Indonesia Berdasarkan Hasil Pisa. Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Matematika, 2(1), 49–58. https://doi.org/10.36733/pemantik.v2i1.3664

Arif Solehan, S. O. (2019). Penelitian Tindak Kelas. In Mitra Ilmu (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Arifiyanti, U. H. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 1 MOJOLABAN TAHUN AJARAN 2015/2016. 85(1), 6. file:///C:/Users/Hype GLK/Downloads/Umi Hani Arifiyanti.pdf

Fauhah, H., & Rosy, B. (2020). Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321–334. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p321-334

Lestari, S. D., Khamdun, K., & Riswari, L. A. (2023). Penerapan Model Make a Match dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN Boloagung 02. As-Sabiqun, 5(2), 592–603. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i2.3125

Neng Reni Novianti1, Iis Nurasiah2, I. K. N. (2024). Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. 2(3), 454–474.

Pahleviannur, R. S. M. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. In Pradina Pustaka.

Purnomo, C. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education and Religious Studies, 1(02), 53–57. https://doi.org/10.57060/jers.v1i02.22

Riyanti, N. N. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCHUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARIPS. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 06(1), 440–450. https://doi.org/10.47709/educendikia.v1i1.1008

Rosita, L. (2018). Peran Pendidikan Berbasis Karakter Dalam Pencapaian Tujuan Pembelajaran Di Sekolah. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, 8(1). https://doi.org/10.34010/jipsi.v8i1.879

Thi Thu Hang, D. N., Thanh Huyen, B. T., & Huyen, T. (2023). Developing Scientific Competence for Primary School Students Through Experiential Learning. International Journal of Education and Social Science Research, 06(03), 01–09. https://doi.org/10.37500/ijessr.2023.6301

Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-19