PENGGUNAAAN MEDIA KONKRIT PAPAN PECAHAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28093Kata Kunci:
peningkatan, hasil belajar, media konkrit, papan pecahan, pembagian pecahanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media konkrit terhadap peningkatan hasil belajar matematika materi pembagian pecahan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas IVE SDN Banyu Urip III Surabaya. Hasil penelitian menunjukan bahwa peserta didik mengalami peningkatan hasil belajar. Pengujian dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS Versi 26, uji Wilxocon dilakukan menggunakan taraf signifikan 0,05 sebagai syarat pengambilan keputusan, hasilnya taraf signifikan hitung 0,000 < 0,05. Uji N-gain kemudian dilakukan untuk mengetahui tingkat efektifitas penggunaan media konkrit, hasilnya tingkat efektifitas rata-rata kelas 0,7678. Dengan demikian penggunaan media konkrit memiliki pengaruh efektifitas yang tinggi terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik matematika materi pembagian pecahan.
Referensi
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi Aksara.
Farid, I., Yulianti, R., Hasan, A., & Hilaiyah, T. (2022). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1707–1715.
Kemendikbud RI. (2020). Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka (Sekolah Dasar dan Menengah). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kemendikbud.
Pajarwati, E., Nuraini, L., & Mustadi, A. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan, 20(2), 145–153.
Priyatno, D. (2018). Mandiri Belajar SPSS untuk Analisis Data Statistik. Yogyakarta: Mediakom.
Rahayu, Y. (2018). Alat Peraga Papan Pelangi pada Operasi Hitung Pecahan di Sekolah Dasar. All Rights Reserved P-ISSN, 2(2), 2580–2586.
Siregar, E., & Nara, I. M. (2020). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarmo, U. (2015). Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Suparno, P. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Press.



