Peningkatan Hasil Belajar Materi Perubahan Wujud Benda melalui Pendekatan Kontekstual Berbantu Model Project Based Learning

Penulis

  • Fitriatul Laili Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Shoffan Shoffa Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Umi Arsiyati SDN Margorejo 1/403 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28092

Kata Kunci:

Pembelajaran Bermakna, Project Based Learning, Pendekatan Kontekstual, IPAS, Hasil Belajar

Abstrak

enelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) melalui penerapan pendekatan kontekstual berbasis model Project Based Learning (PjBL) di kelas III SDN Margorejo 1/403 Surabaya. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil evaluasi belajar siswa pada materi Kenampakan Alam, di mana sebagian siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pembelajaran yang masih didominasi metode ceramah menyebabkan siswa kurang aktif dan proses belajar menjadi kurang bermakna. Penerapan pendekatan kontekstual dengan model PjBL diharapkan mampu membuat pembelajaran lebih menarik, bermakna, serta mendorong siswa untuk berpikir kritis dan aktif berpartisipasi. Model ini melibatkan siswa dalam proses pembelajaran secara langsung melalui proyek yang relevan dengan kehidupan nyata, sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar mereka

Referensi

Arends, R. I. (2008). Learning to Teach (7th ed.). New York: McGraw-Hill.

Depdiknas. (2006). KTSP: Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Permendiknas Nomor 20 Tahun 2003. 2003. PENJELASAN ATAS UNDANG UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. Departemen Pendidikan Nasional

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning. San Rafael, CA: The Autodesk Foundation.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Sugandi, Achmad. 2007. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT UNNES PRESS

Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-19