Penerapan Game Edukasi Kotak Cerita (Ceribox) untuk Meningkatan Literasi Membaca Siswa Kelas III SD

Authors

  • Tri Widayati Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Lilik Binti Mirnawati Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Ahmad Sholikin SD Negeri Tambaksari 1 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28091

Keywords:

literasi membaca, Ceribox, media edukatif

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi membaca siswa kelas III SD melalui media game edukatif Kotak Cerita (Ceribox). Fokus penelitian adalah mengukur peningkatan kemampuan literasi membaca setelah penggunaan Ceribox. Ceribox merupakan media berbasis permainan yang dirancang untuk meningkatkan minat baca dan pemahaman teks secara menyenangkan. Penelitian menggunakan model tindakan kelas spiral Kemmis dan McTaggart dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 29 siswa kelas III-B SDN Tambaksari 1 Surabaya Tahun Ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data meliputi pretest, dokumentasi proses, dan posttest tiap siklus. Observasi digunakan sebagai pendukung untuk melihat keterlibatan siswa, sedangkan analisis utama berdasarkan hasil tes literasi membaca. Hasil pra-siklus menunjukkan rata-rata nilai 61,8 (ketuntasan 38%). Setelah penggunaan Ceribox, nilai rata-rata meningkat menjadi 67,2 (55%) pada siklus I dan 76,5 (86%) pada siklus II. Hasil ini menunjukkan bahwa Ceribox efektif dalam meningkatkan literasi membaca dan mendorong keterlibatan aktif siswa.

References

Binti Mirnawati, L., & Agatha Valent Fabriya, R. (2022). Penerapan Media Flipbook untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa SD. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 10(1), 22–38. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v10i1.19837

Erawahyuni, E. R., & Hidayat, M. T. (2023). Pengembangan Media Games Book Berbasis Cerita “Minuman Nusantara” Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. … Jurnal Pendidikan Dan …, 7(1). https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/12921%0Ahttps://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/download/12921/6272

Hartatika, D. P., Fath, A. M. A. L., & Sugiyono, S. (2024). Penggunaan Media Puzzle Untuk Mengatasi Kesulitan Membaca Siswa Kelas 3 Di Sdn 3 Kledung Bandar. 1–12. https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1522/%0Ahttps://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1522/5/DEFI PASYA HARTATIKA_PGSD_AR2023.pdf

Muthia Rany, N., Nudiawati, & Irma Suriani, A. (2023). Penerapan Permainan Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Siswa Kelas II UPTS SD Negeri 28 Tumampua II. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(4), 512–526. https://doi.org/10.56983/jgps.v1i4.796

Nay, Y. A. (2024). Jurnal Citra Magang dan Persekolahan. 2, 219–231.

Sari, R. K. (2024). Pengembangan Media Literasi Berbasis Puzzle Edukatif Untuk Meningkatkan Minat Membaca di SDN 043 Tarakan. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 10(January), 427–438.

Seso, Y. M., Solehun, S., & Putra, T. Y. (2022). Pengaruh Media Kartu Cerita terhadap Kemampuan Menentukan Ide Pokok Paragraf Siswa Kelas V SD Inpres 5 Doom. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 74–80. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1898

Hidayati, A., Sholeh, M., Fitriani, D., Isratulhasanah, P., Marwiyah, S., Rizkia, N. P., Fitria, D., & Sembiring, A. (2024). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 75–80. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.381

Jannah, M., Masfuah, S., & Fardani, M. A. (2022). Gerakan Literasi Sekolah Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Prasasti Ilmu, 2(3), 115–120. https://doi.org/10.24176/jpi.v2i3.8364

Hasanah, F., & Evania, C. (2025). Upaya meningkatkan kemampuan literasi anak menggunakan media kotak literasi. 2, 100–109.

Published

2025-09-19