PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS MELALUI MEDIA FLIPCHART PATAYA BARCODE PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28090Kata Kunci:
Hasil belajar, media pembelajaran, flipchart pataya barcodeAbstrak
Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) seringkali dianggap sebagai mata pelajaran yang membahas konsep-konsep abstrak dikarenakan pembelajaran menuntut peserta didik untuk menghafalkan teori-teori saja. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN Kapasan III Surabaya pada mata pelajaran IPAS materi planet dalam tata surya melalui penggunaan media Flipchart Pataya Barcode. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklusnya, tahapan yang dilakukan meliputi, tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Pada siklus 1, ketuntasan belajar siswa yang didapatkan yaitu 74% dengan 23 siswa tuntas. Sedangkan pada siklus 2 ketuntasan belajar meningkat menjadi 97% dengan 30 siswa tuntas. Penggunaan media Flipchart Pataya Barcode tidak hanya meningkatkan hasil belajar, tetapi juga memotivasi siswa untuk lebih aktif dan terlibat dalam pembelajaran. Dengan demikian, media Flipchart Pataya Barcode terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran IPAS materi planet dan dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Referensi
Abdillah, et al. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Penerapannya. Indramayu: Penerbit Adab.
Fatin, I., et al. (2022). Pengaruh Perencanaan Pembelajaran dan Pelaksanaan Pembelajaran dengan Hasil Belajar Anak TK Usia 5-6 Tahun. Surabaya: UM Surabaya Publishing.
Fitriana, D. (2023). Penggunaan Flipchart Barcode Sebagai Media Pembelajaean Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan. 8 (1), 12-20.
Islami, et al. (2023). Penguatan Literasi Informasi pada Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Melalui Media Pembelajaran Berbantuan Teknologi. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonedia. 11 (4), 276-286.
Jamalina, R. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mapel Fiqih Materi Infak dan Sedekah Melalui Media Flipchart Kelas V MIS Al-Iqra. Jurnal Siklus. 1 (2), 288-292.
Khasanah, et al. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Flipchart Terhadap Hasil Belajar Menulis Surat Resmi Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Jendela Pendidikan. 2 (1), 125-130.
Mulyana, S. (2023). Peran Mata Pelajaran IPAS dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Dasar. 13 (1), 15-22.
Nining Haerunnisa. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Kampung Nambangan Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Siswa Pada Pembelajaran IPS di SD. Else (Elementary School Education Journal). 4 (2), 19-40.`
Nugroho, H. (2019). Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam Pendidikan Kesehatan (Pedoman Praktis bagi Pendidik Tenaga Kesehatan). Library Forikes (Vol. 0, Issue 0). http://forikes-ejournal.com/index.php/lib/article/view/637.
Nurazizah, et al. (2021). Penggunaan Media Lembar Balik (Flipchart) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa dalam Pembelajaran Tematik. Edubase: Journal of Basic Education. 2 (2), 78-87.
Nurhadi, T. (2022). Penggunaan Flipchart Sebagai Media Pembelajaran Visual. Jurnal Inovasi Pendidikan. 15 (2), 98-105.
Pahleviannur. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Sukoharjo: Pradina Pustaka.
Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.
Rifai, et al. (2023). Penggunaan Media Flipchart Pada Minat Belajar Siswa Kelas II Sangar Bimbingan Gombok Utara. Innovative: Journal Of Social Science Research. 3 (14), 1683-1691.
Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Utomo, et al. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia. 1 (4), 19-25.
Patricia, F. A., & Zamzam, K. F. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Materi Himpunan Berbasis Puzzle dengan Pendekatan Kontekstual. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 9 (4), 1112-1122.
Widodo, E. (2023). Flipchart Sebagai Media Pembelajaran Interaktif di Kelas VI SD. Jurnal Media Pendidikan. 11 (3), 56-65.
Yusri, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Ilmu Pendidikan. 7 (2), 89-96.



