PENERAPAN MODEL PBL BERBANTU MEDIA DIOSILIR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPAS MATERI SIKLUS AIR PADA SISWA KELAS III-C SD NEGERI SIDOTOPO I SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28089Kata Kunci:
Problem Based Learning, media Diosilir, hasil belajar, IPAS, siklus airAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS materi siklus air melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Diosilir. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus di kelas III-C SD Negeri Sidotopo I Surabaya dengan jumlah peserta didik sebanyak 28 siswa. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, sebanyak 53% peserta didik mencapai ketuntasan belajar, dan meningkat menjadi 78% pada siklus II. Peningkatan ini menunjukkan bahwa model PBL yang dipadukan dengan media konkrit Diosilir efektif dalam membantu peserta didik memahami konsep siklus air secara lebih visual, kontekstual, dan menyenangkan. Selain itu, model ini juga mendorong keterlibatan aktif peserta didik dalam proses pembelajaran melalui diskusi, eksplorasi masalah nyata, dan kerja kelompok. Dengan demikian, penerapan model PBL berbantu media Diosilir dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar IPAS di sekolah dasar.
Referensi
Andika Putra Pratama, e. a. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Media Diorama Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pembelajaran IPAS Kelas V Sekolah Dasar. SHES: Conference Series, Vol. 7, No. 4, Hal. 390-397.
Anggraini, P. &. (2022). Integrasi Model PBL dan Media Diorama dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Edukasi Sains, Vol. 8, No. 1, Hal 45-52.
Ariani & fauziah, 2. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Pemahaman Konsep Siklus Air pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (JPSI), Vol. 10, No. 23, Hal 23-30.
Hartati, R. &. (2020). Penggunaan Diorama untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Siklus Air. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 11 No. 2, Hal. 123-132.
Haryanto, P. &. (2021). fektivitas Model Problem Based Learning dengan Media Konkret terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara,, Vol. 7, No. 1, Hal. 35.
Maghfiroh. (2024). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI RANTAI MAKANAN SISWA KELAS V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol. 9, No. 2, Hal. 3978-3993.
Maya Sari, A. R. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPS SD. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, Vol. 1 No. 1, Hal 8-17.
Nugraha & Harimurti, 2. (2021). Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar: Studi Kasus Materi Lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, Vol. 6, No. 2, Hal. 105-112.
Rachmawati, N. &. (2021). Pengaruh Media Diorama terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar pada Materi Siklus Air. Jurnal Pendidikan Sains Dasar, Vol. 6, No. 2, Hal. 88-95.
Rahmania Rahman, M. F. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR. Journal of Social Studies And Education, Vol. 1 No. 1, 75-80.
Sari, R. &. (2021). Integrasi Model PBL dalam Pembelajaran IPAS untuk Mengembangkan Kesadaran Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, Vol. 6, No. 2, hal 67-75.
Sulaiman, Z. A. (2024). The Effectiveness of Problem-Based Learning on Students' Ability to Think Critically. Zabags International Journal of Education (ZIJEd), Vol. 2, No. 1.
Wijayanti, R. &. (2023). Pengembangan Pembelajaran IPAS Berbasis Proyek pada Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Ilmiah Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, Vol. 8, No. 1, hal 45-56.
Wulandari, M. &. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Demonstrasi dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Dasar, Vol. 5 No. 2, Hal. 88-95.



