MPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD-QR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV SDN PAGESANGAN SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28088Kata Kunci:
Problem Based Learning, LKPD-QR, Hasil Belajar, Pendidikan PancasilaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Pagesangan Surabaya dengan menggunakan pendekatan Problem Based Learning yang didukung LKPD-QR. Model pembelajaran ini diprediksi dapat meningkatkan keterlibatan dan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran, sehingga pemahaman materi Pendidikan Pancasila menjadi lebih mendalam. Penelitian tindakan kelas yang melibatkan 29 peserta didik ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar, dokumentasi, dan observasi perilaku peserta didik dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar peserta didik meningkat drastis dari 51,85% sebelum intervensi menjadi 74,07% pada siklus I dan kemudian menjadi 92,59% pada siklus II. Peserta didik lebih aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, metode pembelajaran berbasis masalah yang didukung LKPD-QR terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila. Pendekatan ini mendorong peserta didik untuk menggunakan pemikiran kritis dan mengambil inisiatif dalam memecahkan masalah.
Referensi
Aulia, D., Zubair, Muh., & Astuti, Y. T. (2025). Penerapan Pendekatan TaRL dengan Model PBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas VIII.B SMPN 11 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 319–329. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.3120
Hanafiah, D., Martati, B., & Mirnawati, L. B. (2023). Nilai Karakter Gotong Royong Dalam Pendidikan Pancasila Kelas IV di Sekolah Implementasi Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 539. https://doi.org/10.35931/am.v7i2.1862
Martati, B., Mirnawati, L. B., & Firmannandya, A. (n.d.). ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SEKOLAH DASAR.
Mkm, L., Usman, A., & Hidayati, D. N. (2024). Penerapan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKPD-QR Code untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Keanekaragaman Hayati. In Jurnal Biologi (Issue 1). https://journal.pubmedia.id/index.php/biology
Muzayaroh, A., Hardiko, D., & Didik Purwosetiyono, F. (n.d.). UNTUK MENINGKATKAN KOGNISI MATEMATIS PESERTA DIDIK DI SMA N 8 SEMARANG.
Nur Anisa Putri, S., & Negeri Padang, U. (n.d.). PADANG SIBUSUK KABUPATEN SIJUNJUNG.
Salinan Permendikbudristek Nomor 7 Tahun 2022_JDIH. (n.d.).
Surya Minata, A., Malahayati, E. N., & Sofiyana, M. S. (n.d.). Pengaruh model problem based learning berbantuan QR code terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa.
Widiyastuti, I., Rondli, W. S., & Ismaya, E. A. (n.d.). PENGARUH PENERAPAN MODEL PBL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI “NORMA” KELAS V SEKOLAH DASAR Info Artikel Abstract Sejarah Artikel. 7(2), 140. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/pendas/index



