Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Diorama Siklus Air Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Mata Pelajaran IPAS di SDN Simomulyo 4 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28087Kata Kunci:
IPAS, media diorama, hasil belajarAbstrak
Penelitian ini dilakukan karena peneliti menemukan masalah pada rendahnya hasil belajar peserta didik Kelas V-D di SDN Simomulyo 4/101 Surabaya. Kegiatan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS dengan materi Siklus Air dengan menggunakan media Diorama. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas Kelas V-D di SDN Simomulyo 4/101 Surabaya dengan jumlah 33 peserta didik. Tekhnik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar serta observasi guru dan siswa. Hasil belajar pra siklus menunjukkan 54,5% atau sebanyak 18 peserta didik yang tuntas dalam pembelajaran. Kegiatan siklus 1 ketuntasan belajar peserta didik mencapai 33,33% atau 11 siswa yang berhasil tuntas. Pada siklus 2 ketuntasan belajar mencapai 90,91% atau sebanyak 30 yang berhasil tuntas dalam pembelajaran. Hal ini membuktikan media diorama dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPAS dengan materi Siklus Air di kelas V SDN Simomulyo 4/101 Surabaya.
Referensi
Almansur, D. G. dan F. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Ar-Ruzz Media. Arikunto. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi, Jawa Tengah: Bumi Aksara
(Edisi Revi). PT Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=- RwmEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=Arikunto.+(2021).+Penelitian+Tindakan+Ke las+Edisi+Revisi.+Jawa+Tengah:+Bumi+Aksara.&ots=TDRgZYbitZ&sig=SYng6Ma9 GT4VFg382McW0JAATjs&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Huberman, M. B. M. dan M. (1992). Analisis Data Kualitatif. UI-Press.
Muslihin, H. Y., Loita, A., & Nurjanah, D. S. (2022). Instrumen Penelitian Tindakan Kelas untuk Peningkatan Motorik Halus Anak. Jurnal Paud Agapedia, 6(1), 99–106. https://doi.org/10.17509/jpa.v6i1.51341
Oktafiana, S. A. & S. (2023). PENELITIAN TINDAKAN KELAS (Sulaiman (ed.)). CV Mitra Ilmu. http://repository.iainmadura.ac.id/1238/1/FILE CETAK Penelitian Tindakan Kelas_Draf Final.pdf
Purnomo, B. H. (2020). Pendahuluan Kedudukan Observasi dalam Tahapan PTK Metode Observasi. Metode Dan Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), 8, 251–256. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JP2/article/view/859/673
Aristhi, N. P. S.,, & Manuaba, I, B. S. (2020). Model Exsperiential Learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 23(1).
Astami, N. W. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Kemampuan Menyimak Kelompok B TK Gugus II Buleleng. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2),206.
Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning(PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. JURNAL BASICEDU, 5, 2.
Khotimah, S. H., Sunaryati,, T., & Suhartini,, S. (2020). Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676.
Mustika, D., & Ain, S. Q. (2020). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Menggunakan Model Project Based Learningdalam Pembuatan MediaIPABerbentukPop Up Book.
JURNAL BASICEDU, Volume 4, 2.
Nuraini, F., & Kristin, F. (2017). Penggunaan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 5 SD. E-Jurnal mitra pendidikan, 4.
Pramudita,, A. D., Rahmawati,, E., Ilmi,, L. H., Amatullah,, S., Damayanti,, Z. S., & Subiki. (2023). Analisis Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Pemahaman Konsep Gelombang Elektromagnetik Mahasiswa Pendidikan Fisika. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 105-113.
Purwaningsih,, S. W., & Marlina, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Kelas VII Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3),639-648.
Purwanto, A. T. (2023). Jurnal PEDAGOGY, Volume 16, 1.
Riana, Kartinawati, & Tri. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 11 Semarang Melalui Model Group Investigation Berbantuan Colour Ball Prisma. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 64-71.
Rosmawati,R. R, & Sritresna,, T. (2021). Jurnal Pendidikan Matematika, 275-290.
Sahwan. (2022). Penggunaan Media Gambar Berbasis Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Ingris Siswa SLBN 1 Lombok Barat. Junal Paedagogy, 9(2), 302.
Saragih, L. M., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik. JURNAL BASICEDU, 1.
Suja, I. W. (2023). Keterampilan Proses Sains dan Instrumen Pengukurannya. PT. Raja Grafindo Persada.
Wahyuni, A. S. (2021). Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 1.
Yara, Y. S., & Taufik, M. (2021). JURNAL BASICEDU, 5.



