Penerapan Model Pembelajaran PjBL berbantuan Media Benda Nyata untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28086Kata Kunci:
Project Based Learning, Hasil Belajar, Jaring-jaring Kubus dan BalokAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Bangun ruang sederhana yaitu jaring-jaring kubus dan balok melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan media nyata. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas V-a SD Negeri Ploso V/176 Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I dan siklus II. Rata-rata nilai siswa pada pra siklus sebesar 57, pada siklus I meningkat menjadi 68, dan pada siklus II mencapai 81. Persentase ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 31% pada pra tindakan, menjadi 60% pada siklus I, dan mencapai 95% pada siklus II. Peningkatan ini menunjukkan bahwa penerapan model PjBL berbantuan media nyata efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Referensi
Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Kartu Domino Bilangan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Pelangi, 9(2), 123–134. https://doi.org/10.22202/jp.2017.v9i2.1900
Evi, S. (2011). Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khus(2), 154–163.
Fadhilaturrahmi, F. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jaring-Jaring Balok Dan Kubus Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Siswa Kelas Iv Sdn 05 Air Tawar Barat. Jurnal Basicedu, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.9
Gazali, M., & Pransisca, M. A. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Benda Nyata Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 14. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.597
Nisak, N. A. D. C., & Mukhlishina, I. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Project Based Learning. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(3), 310–324. https://bnr.bg/post/101787017/bsp-za-balgaria-e-pod-nomer-1-v-buletinata-za-vota-gerb-s-nomer-2-pp-db-s-nomer-12
Nurfitriyanti, M. (2016). MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. Jurnal Formatif, 22(3), 197–201.
Nurul’Azizah, A. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Project Based Learning Siswa Kelas V SD. Jartika, 2(1), 194–204.
Okti Suwartini, Y., Yasin, M., & Machbubah, U. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 5 MATA PELAJARAN MATEMATIKA JARING-JARING BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK MENGGUNAKAN MODEL PjBL DI SD NEGERi GRATI 02 KABUPATEN LUMAJANG. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3258–3267. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8599
Pradana, D. B. P., & Harimurti, R. (2017). Pengaruh Penerapan Tools Google Classroom pada Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(01), 59–67. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/20527%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843
Reys, dkk. (1984). Dasar-Dasar Matematika. Bumi Aksara.
Sayfullah, H., Nanda, R. P. I., Windariyah, D. S., Fakhrurrazi, Khermarinah, & Syibran, M. (2021). Penilitian Tindakan Kelas Untuk Guru Inspiratif. CV. Adanu Abimata.
Syarifah, L., Holisin, I., & Shoffa, S. (2021). Meta Analisis: Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 14(2), 256–272.
Utami Widya, Fauzi, A. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Project Based Learning Pada Materi Jaring-Jaring. Elementary Education Research, 8(1), 9–15.
Wahyuningsih, T., & Rezeki, S. (2013). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Langsung dengan Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Matematika, 3(2), 1693–1394



