PENERAPAN MEDIA GEOLAB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN

Penulis

  • Oktaviana Dewi Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Idhoofiyatul Fatin Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Nining Haerunnisa Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28085

Kata Kunci:

GEOLAB, IPAS, hasil belajar, media pembelajaran, kenampakan alam dan buatan

Abstrak

Hasil belajar IPAS materi kenampakan alam dan buatan kelas III di SDN Kapasan III tahun 2024/2025 masih tergolong rendah. Situasi ini disebabkan oleh masih banyaknya peserta didik yang belum menguasai materi, serta proses pembelajaran yang cenderung monoton dan minim penggunaan media sebagai alat bantu. Menyikapi permasalahan tersebut, perlu dikembangkan media pembelajaran yang tepat. Media pembelajaran GEOLAB merupakan media pembelajaran yang dirancang khusus untuk membuat proses belajar mengajar lebih menarik. 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III pada mata pelajaran IPAS materi kenampakan alam dan buatan melalui penerapan media pembelajaran interaktif GEOLAB. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 25 peserta didik terdiri dari 13 peserta didik laki-laki, dan 12 peserta didik perempuan kelas III SDN Kapasan III/145  Surabaya. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar dari 44% pada pra-tindakan, menjadi 68% pada siklus I, dan mencapai 84% pada siklus II. Penerapan media GEOLAB terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, serta menjadikan pembelajaran lebih menarik dan bermakna.

Referensi

Kemmis, S., & McTaggart, R. (2017). Panduan Menulis Penelitian Tindakan Kelas & Karya Tulis Ilmiah untuk Guru. Yogyakarta: ARASKA.

Kustari, D. (2021). Media pembelajaran Edukasi dan Peningkatan Minat Belajar Anak.

Surabaya: CV Pendidikan Digital.

Pernantah, R. (2021). Pembelajaran Efektif dan Media Interaktif di Era Digital. Jakarta: Media Edukasi.

Aminah, N., & Rahman, A. (2021). Pengaruh media pembelajaran terhadap minat dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 4(2), 115–123.

Dahlia. (2012). Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Guru, 5(1), 132–139.

Fadillah, M. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar.

Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 52–60.

Hasram, H., et al. (2021). Efektivitas penggunaan media Wordwall dalam pembelajaran.

Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(2), 134–145.

Mustakim. (2020). Evaluasi Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan, 6(3), 88–95.

Octaviana, D., et al. (2023). Penerapan media Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan, 5(1), 44–56.

Rodzikin, A., & Mareta, L. (2023). Penggunaan media berbasis IT dalam pembelajaran tematik. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 7(2), 109–118.

Wulandari, S. (2021). Hasil belajar dan cara meningkatkannya dalam pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 67–75.

Wulandari, S. (2023). Motivasi belajar dan peran media dalam pendidikan dasar. Jurnal Edukasi Anak, 4(1), 23–30.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-19