PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN PBL DAN WORDWALL DI KELAS III MATERI TEKS PROSEDUR
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28084Kata Kunci:
Problem Based Learning, wordwall, teks prosedurAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa pada materi teks prosedur melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media wordwall di kelas III SDN Sidotopo I Surabaya tahun pelajaran 2024/2025. Berdasarkan observasi awal, diketahui bahwa siswa merasa kesulitan dalam memahami soal-soal dalam bentuk bacaan yang terkesan monoton untuk dipelajari. Siswa menganggap bacaan yang banyak atau kosakata yang belum pernah mereka temui merupakan hal yang membosankan dan sulit. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan metode penelitian dari Kemmis dan Mc Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 27 siswa kelas III. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, pretest, posttest pada setiap tahapan siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan. Persentase ketuntasan belajar siswa meningkat dari 30% pada pra siklus, meningkat menjadi 44,4% pada siklus I, dan mencapai peningkatan menjadi 74% pada siklus II. Peningkatan ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media wordwall efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi procedure text. Disarankan kepada guru untuk menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah berbantuan teknologi untuk meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Referensi
Aliya, N., Amin, S. M., Muawanah, M., Indrati, J., & Nafi’ah, U. (2024). Penerapan Pendekatan TaRL Berbantuan Media Wordwall Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas II-C SDN Margorejo VI. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1094–1103. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2203
Effendi, D., & Wahidy, D. A. (2019). Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 125–129.
Farida, F. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Game Wordwall pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III di SDN 1 Durenan. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 236–244. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Halik, A., Ilmi, N., & Erawaty, R. (2022). ( SQ4R ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 150 Barru. 4(C), 122–129. https://doi.org/10.36339/j-hest.v4i2.7
Istika, D. D. B., & Rusnilawati. (2020). MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR Abstrak. Jurnal Cakrawala Pendas, 03(04), 104–117. https://pdfs.semanticscholar.org/d018/dfa4a2a75e1fcee333c62abb6a262cf8d00c.pdf
Khakim, L., & Wuryandini, E. (2023). 254. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Berbasis Games Wordwall Interaktif Pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Gaji 1. … Pendidikan Profesi Guru, 2914–2920. https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4234%0Ahttps://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/download/4234/2900
Putri, I. L., Amril, A., & Hader, A. E. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Game Wordwall Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN 10 Koto …. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 10090–10097. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/3348%0Ahttp://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/3348/2377
Rodzikin, K., & Mareta, D. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sd Negeri 4 Palembang Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Wordwall. Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan, 10(1), 13–25. https://doi.org/10.36706/jisd.v10i1.19129
Rosa, A. Della, Putra, N. P., & Marliana, N. N. (2024). Implementasi Pendekatan CRT Berbantuan Media Wordwall Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran ( JTPP ). 02(01), 498–506.



