PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI MODEL PBL DENGAN BAHAN AJAR FLIPBOOK
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28083Kata Kunci:
Problem-Based Learning, flipbook digital, nilai-nilai Pancasila, hasil belajar, pembelajaran kontekstualAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V pada materi nilai-nilai Pancasila melalui penerapan model Problem-Based Learning (PBL) dengan bantuan bahan ajar digital berupa flipbook. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus di SD Negeri Sidotopo 1/48 Surabaya dengan jumlah peserta didik sebanyak 30 orang. Siklus I menunjukkan bahwa 50% peserta didik mencapai nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, seperti pemberian akses flipbook secara individual dan pemilihan masalah yang lebih kontekstual, persentase ketuntasan meningkat menjadi 77%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL yang dipadukan dengan flipbook digital mampu meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan pemahaman peserta didik terhadap materi nilai-nilai Pancasila secara signifikan. Strategi ini juga membantu mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kerja sama kelompok, dan penanaman karakter kebangsaan dalam konteks kehidupan nyata.
Referensi
Sanjaya, W. (2019). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.
Arends. (2012). Learning to Teach (9th ed.). McGraw-Hill Education.
Farid, I., Yulianti, R., & Nulhakim, L. (2022). Implementasi Kurikulum dalam Pembelajaran Khususnya pada Muatan 5 Bidang Studi Utama di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 12753-12759.
Fitriyani, & Anggraeni. (2023). enggunaan Flipbook Digital dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 45-52.
Handayani, & Muhammadi. (2022). Pengaruh Model Problem-Based Learning terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(3), 178–190.
Handayani, R. H., & Muhammadi. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Melatih Higher Order Thinking Skill Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1494-1499.
Hanun, S. I., Hanni, A. R., Lestari, A. S., Aeni, K., & Azizah, W. A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Melalui Model Problem-Based Learning di Kelas V Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(2), 78–86.
Ningsih, Prastowo, A., & Wulandari, D. (2022). Pemanfaatan Media Flipbook Interaktif dalam Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 143–152.
Prastowo, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Digital Flipbook Interaktif di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish (CV Budi Utama).
Saparyanto, S. (2018). Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 1-9.
Suparno, P. (2012). Teori Belajar Konstruktivistik: Landasan Teoritis untuk Pembelajaran. Penerbit Kanisius.



