PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DI KELAS 5A SDN PAGESANGAN SURABAYA

Penulis

  • Muhammad Ghoni Abdillah Fatah Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Badruli Martati Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Hayyu Suzan Rahmawatie SDN Pagesangan Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28081

Kata Kunci:

Project Based Learning, motivasi belajar, ketercapaian hasil belajar, Pendidikan Pancasila

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas 5A SDN Pagesangan dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila melalui penerapan model Project Base Learning. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi angket untuk mengukur motivasi belajar, observasi untuk menilai keterlibatan siswa, serta tes hasil belajar untuk mengetahui tingkat ketuntasan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan, baik dari sisi motivasi maupun hasil belajar siswa. Respon positif terhadap pembelajaran meningkat dari 59,62% pada siklus I menjadi 70,41% pada siklus II. Selain itu, jumlah peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar meningkat dari 64,51% menjadi 77,42%. Hal ini membuktikan bahwa model Project Based Learning mampu menciptakan suasana belajar yang lebih aktif, kontekstual, dan mendorong pencapaian akademik yang lebih baik.

Referensi

Indra, Adi Darma, Abdul Azis, and Luh Gede Maya Wirastuti Dewi. 2021. Panduan Guru Pendidikan Pancasila.

Cahyati, Sidni Baiq, Fayza Az Zahra, Nur Naima, and Nur Hasanah. 2024. “Menjadi Generasi Maju Dengan Memahami Demokrasi, Pancasila Dan UUD 1945 Dalam Konteks Indonesia” 9 (1): 687–93. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1192.

Candra, Evita, Deka Setiawan, and Diana Ermawati. 2023. “Analisis Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan.” JLEB: Journal of Law, Education and Business 1 (2): 139–46. https://doi.org/10.57235/jleb.v1i2.1088.

Dewi, Mia Roosmalisa. 2022. “Kelebihan Dan Kekurangan Project-Based Learning Untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka.” Inovasi Kurikulum 19 (2): 213–26. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.44226.

Ilmiyah, F., Martati, B., & Mirnawati, B. 2024. “Analisis Budaya Sekolah Menumbuhkan Karakter Religus Siswa” 09.

Khururiyah, Nasrofah, Achmadi Achmadi, and Syamsuri Syamsuri. 2022. “Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan.” LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) 13 (2): 150. https://doi.org/10.21927/literasi.2022.13(2).150-161.

Lubis, Lailan Syafira Putri, Dewi Saragih, and Reza Surya Maulana. 2024. “Motivasi Pembelajaran Sebagai Penguatan Karakter Pelajar Pancasila.” Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan 10 (1): 1–11. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v10i1.654.

Maula, Ismatul, Heri Usmanto, dan Priazki Hajri. 2025. “STRATEGI GURU PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DI SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI” 6 (1): 502–15.

Sari, Monika. 2015. “INTEGRASI MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA.” Kinabalu 11 (2): 50–57.

Sheila, Eirene Eva Martha, Nada Syifa, Nurulhuda Azhari Dwi Syafi’i, and Dwi Desi Yayi Tarina. 2023. “Jurnal Hukum Dan Kewarganegaraan.” Jurnal Hukum Dan Kewarganegaraan 5 (1): 1–11.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-19