PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS VI SDN BULAK RUKEM 1 NO. 258 SURABAYA

Penulis

  • Amirotul Ikrimah Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Sandha Soemantri Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Miliasih Sovi Astuti SDN Bulak Rukem 1 No. 258 Surabaya
  • Sri Utami SDN Bulak Rukem 1 No. 258 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28080

Kata Kunci:

Problem Based Learning, Hasil belajar, IPAS, Penelitian Tindakan Kelas

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) pada kelas VI-D SDN Bulak Rukem 1 No. 258 Surabaya melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas VI-D yang mengikuti pembelajaran IPAS pada semester genap tahun pelajaran 2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, dengan persentase ketuntasan belajar meningkat dari 59,37% pada siklus I menjadi 81,25% pada siklus II. Penerapan model PBL juga berhasil meningkatkan keterlibatan siswa dalam diskusi, motivasi, dan kemampuan berpikir kritis mereka. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa PBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa dalam mata pelajaran IPAS di Sekolah Dasar.

Referensi

Arikunto, S. (2021). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitriani, N. (2021). Penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 88–96.

Hmelo-Silver, C. E. (2015). The learning sciences: Where they came from and what it means for instructional design and technology. Instructional Science, 43(3), 315–337.

Khasanah, U., Fatkhurrohman, F., & Fatiatun, F. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. Edu-Sains, 12(1), 20–22.

Kusnadi, E. (2020). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 55–63.

Rahmawati, D., & Prasetyo, A. (2021). Implementasi Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan dan pemahaman konsep IPA di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(3), 112–120.

Sembiring, R. B., & Arisetya, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP Negeri 1 Simpangempat. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(3), 3957–3969.

Slameto. (2016). Penelitian tindakan kelas dan penerapannya dalam pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-19