Peningkatan Pemahaman Nilai – Nilai Pancasila Melalui Media Saku Pancasila pada Siswa kelas III Sekolah Dasar

Penulis

  • Ilham Akhdan Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Ratno Abidin Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Moch Gusnul Arifin SDN Ploso V/176 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28078

Kata Kunci:

kemampuan berbicara, bermain peran, peserta didik kelas III, penelitian tindakan kelas

Abstrak

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara peserta didik kelas III Sekolah Dasar melalui metode bermain peran. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berbicara peserta didik yang ditunjukkan dengan kurangnya kepercayaan diri, kelancaran berbicara, serta terbatasnya penguasaan kosakata dalam mengungkapkan ide secara lisan. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes berbicara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bermain peran secara signifikan meningkatkan kemampuan berbicara peserta didik, baik dari segi kepercayaan diri, kefasihan, maupun penguasaan kosakata. Dengan demikian, metode ini dapat menjadi strategi pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dalam meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik.

Referensi

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Kemendikbud. (2022). Panduan Pembelajaran Profil Pelajar Pancasila di SD. Jakarta: Kemdikbudristek.

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.4309

Aziiz, M. S. Al, & Kurnia, D. (2024). Model Pembelajaran: Problem Based Learning & Project Based Learning. INFINITUM: Journal of Education and Social Humaniora, 1(1), 62–81.

Fadillah, A., Alim, J. A., & Antosa, Z. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Pada Materi Pengenalan Geometri Di Kelas 2 Sdn 130 Pekanbaru. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 5(1), 11. https://doi.org/10.31258/jta.v5i1.11-20

Farid, I., Yulianti, R., Hasan, A., & Hilaiyah, T. (2022). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1707–1715.

Hopkins, D. (2008). A Teacher’s Guide to Classroom Research (4th Edition). Open University Press.

Husnaidi, H. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Augmented Reality (Ar) Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Ruang. Journal of Professional Elementary Education, 2(2), 281–288. https://doi.org/10.46306/jpee.v2i2.57

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Deakin University Press. Khasanah, M., Prastiwi, S. D., Sukiyanto, & Pardimin. (2024). Pengembangan Media

Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality (AR) Terintegrasi dengan Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang di Sekolah Dasar. x–65.

Maghfirah, H., Rahmi, C., Ridho, A., Putri, A., & Astrianda, N. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Flash 8.0 untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Informasi, 3(1), 33. https://doi.org/10.35308/jti.v3i1.9486

McNiff, J., & Whitehead, J. (2006). All You Need to Know About Action Research. SAGE Publications Ltd.

Mustafidhah, R. L., Maruti, E. S., & Suparmi. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Unsur Bangun Ruang pada Siswa Kelas V dengan Straw and Plasticine Model (Pjbl) Di SDN 2 Kunti. PENDAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01), 2569–2577.

Pujiati, P. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Topik Aritmetika Sosial. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(1), 1–6. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v14i1.4787

Puspitasari, L., Pradana, H. P., & Hasanah, H. (2024). Penerapan Media Augmented Reality Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Kumara Cendekia, 12(2), 115–126.

Rahman, H., Faisal, M., & Syamsuddin, A. F. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Interaktif. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 9(1), 12–24. https://doi.org/10.47435/jpdk.v9i1.2778

Rinaldi, R., Fahmi, K., & Masyitah, M. (2024). Tinjauan Literatur: Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif Di Tingkat Sekolah Dasar. Likhitaprajna Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Wisnuwardhana, 26(1), 20–28. https://doi.org/10.37303/likhitaprajna.v26i1.279

Sari, S. I., & Sutriyani, W. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Materi Bangun Ruang Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Integrated Elementary Education, 3(1), 1–15. https://doi.org/10.21580/jieed.v3i1.13295

Sholihin, A., Faudati, M., Septiyanti, I. F., Dewi, N. A. K., & Irfan, M. (2024). Implementasi Pendekatan Etnomatematika Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. 8, 24–32.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Wardany, E. P. K., & Rigianti, H. A. (2023). Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 250–261. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.541

Yasto, P. H., & Ridha, A. R. (2024). Penilaian Non Tes. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(1), 73– 85. Yunitasari, I., & Hardini, A. T. A. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5),

3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-19