PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 2 MATERI PENGUKURAN WAKTU DENGAN MEDIA JAM DINDING SIMULATIF
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28077Keywords:
Pengukuran Waktu, Hasil Belajar, Pembelajaran MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pengukuran waktu melalui penggunaan media konkret berupa jam analog dengan pendekatan Problem-Based Learning dan Teaching at the Right Level (TaRL). Subjek penelitian adalah 28 peserta didik kelas II A SDN Kapasan III Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data meliputi tes tertulis, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar kognitif peserta didik. Pada pra siklus, rata-rata nilai peserta didik adalah 67 dengan tingkat ketuntasan 36%. Setelah tindakan pada siklus I, rata-rata meningkat menjadi 78 dengan ketuntasan 61%. Pada siklus II, rata-rata nilai mencapai 86 dengan tingkat ketuntasan 89%, melampaui standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan media jam analog efektif dalam membantu peserta didik memahami konsep waktu secara lebih konkret dan meningkatkan partisipasi serta pemahaman dalam pembelajaran matematika. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya penggunaan media konkret dan strategi pembelajaran aktif dalam proses pendidikan, khususnya pada materi yang bersifat abstrak seperti pengukuran waktu.
References
Abd Rahman BP, S. A. (2022). PENGERTIAN PENDIDIKAN, ILMU PENDIDIKAN . Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2-3.
Aisyah, S. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Jam Pada Pembelajaran Mengenal Waktu Siswa Kelas II SDN Banyuajuh 02. Journal of Education for All (EduFA).
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dakhi, A. S. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA . Jurnal Education and development , 468.
Kaminem. (2016). Penggunaan Media Jam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Waktu pada Siswa Kelas II SD Inpres 98 Klafdalim Distrik Moisegen Kabupaten Sorong. Jurnal Pendidikan, 29.
Nining Haerunnisa, A. W. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL KAMPUNG NAMBANGAN SEBAGAI SUMBER PENDIDIKAN KARAKTER SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SD. ELSE (Elementary School Education Journal).
Suharsimi Arikunto, S. S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Thoha, M. Z. (2018). MODEL BERPIKIR KONVERGEN SISWA DALAM MENYELESAIKAN . ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal , 292.
Wulandari, M. M. (2022). Pembelajaran Matematika Dengan Media Jam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 481.



