Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Sistem Pernafasan Manusia Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Kelas V di SD
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28076Kata Kunci:
Problem Based Learning, hasil belajar, sistem pernapasan manusiaAbstrak
Abstrak
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SD pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) materi sistem pernapasan manusia melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 27 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes evaluasi hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus, persentase ketuntasan belajar peserta didik hanya sebesar 40,74%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 66,67%, dan pada siklus II meningkat signifikan menjadi 92,59%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam memahami materi sistem pernapasan manusia.
Referensi
Afni, N. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Di Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 3(4), 1001– 1004. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.55667.
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2014) Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi Aksara.
Bekti Ariyani1., Firosalia Kristin. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran. Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia. Volume 5 Nomor 2.353-361.
Lukman Nul Hakim. (2022). Model Pembelajaran Problem-based Learning (PBL) dalam Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. SHEs: Conference Series 5. SDII AL Abidin Surakarta. (5).1311-1316.
Maaruf Fauzan., Abdul Gani., Muhammad Syukri. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. Vol. 05, No.01.27-35.
Novelni, D., & Sukma, E. (2021). Analisis Langkah-Langkah Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 3869–3888. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/4342/2836.
Pertiwi, M. D., Sahabuddin, E. S., & Latif, R. A. (2022). Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 3 Bulusan. Pinisi Journal PGSD, 2(1), 298–306.
Suarni, D. A. K. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPAS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 206. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.11997.
Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suginem. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Meta edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan. Kota Tasikmalaya, Indonesia. Vol.3, No.1.32-36.



