Peningkatan Minat Baca Peserta Didik melalui Media Komik Berbantuan Strategi Reading Relay Pada Pembelajaran IPAS di SDN Sidotopo 1 Surabaya

Penulis

  • Hanim Afidlotul Choirunnisa Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Wiwi Wikanta Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Asri Widiyarno Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28075

Kata Kunci:

Minat Baca, Komik, Reading Relay, IPAS, PTK

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca peserta didik melalui media komik berbatuan strategi reading relay pada mata pelajaran IPAS. Penelitian dilakukan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus, yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat baca peserta didik dari skor 63,5 (52,91%) pada siklus I menjadi 90,5 (75,41%) pada siklus II. Peningkatan sebesar 22,50% ini menunjukkan bahwa Penerapan media komik berbantuan strategi reading relay memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berkolaborasi, berdiskusi, dan mempresentasikan ide, sehingga kemampuan minat baca peserta didik mereka meningkat secara signifikan. Peningkatan ini tidak hanya ditunjukkan melalui data kuantitatif, tetapi juga perubahan perilaku peserta didik selama proses pembelajaran. Peserta didik menjadi lebih percaya diri, antusias membaca, aktif dalam diskusi kelompok, dan menunjukkan ketertarikan membaca secara mandiri.

Referensi

Arikunto, S. (2017). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2010). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Kisi-Kisi, Instrumen, dan Rubrik Penilaian. Diakses dari https://files1.simpkb.id/guruberbagi/rpp/181158-1674354295.pdf

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Literasi Membaca. Diakses dari https://repositori.kemdikbud.go.id/25167/

Prasetyo, A., & Lestari, D. (2020). Pengaruh strategi membaca kooperatif berbasis media visual terhadap minat baca peserta didik sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 45-56.

Puspitasari, D. W. (2021). Pengembangan Media Komik Digital untuk Meningkatkan Minat pada Pembelajaran Tematik Peserta didik Kelas IV SD. Pacitan: STKIP Pacitan. Diakses dari repository.stkippacitan.ac.id

Rahmawati, S., & Lestari, D. (2020). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Membaca Pemahaman Peserta didik Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 112-120.

Slavin, R. E. (2015). Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyadi, R. (2019). Penggunaan media komik dalam meningkatkan keterlibatan membaca peserta didik sekolah dasar. Jurnal Media Pendidikan, 7(2), 89-102.

Supriyadi, T. (2020). Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta didik SD. Yogyakarta: Deepublish.

Suryani, T., & Putri, M. (2019). Strategi untuk Meningkatkan Minat Baca pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Mahasantri, 5(1), 45-55. Diakses dari ejournal.iainh.ac.id

Susanto, A. (2017). Literasi dalam Pembelajaran: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Prenada Media.

Universitas Lampung. (2014). Kisi-Kisi Angket Penelitian Pengaruh Minat Belajar. Diakses dari https://digilib.unila.ac.id/6206/21/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. (2017). Angket Minat Baca. Diakses dari https://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/15084/k.%20LAMPIRAN.pdf?sequence=11

Universitas Pendidikan Ganesha. (2019). Petunjuk Penilaian dan Penafsiran Instrumen Minat Baca. Diakses dari https://repo.undiksha.ac.id/4391/9/1829041016%20LAMPIRAN.pdf

Yuliana, S., & Prasetyo, B. (2017). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Minat Membaca Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 150-160. Diakses dari jbasic.org

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-19