PENGGUNAAN ALAT BANTU VISUAL PUZZLE TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1 SD

Penulis

  • Farihah Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Meirza Nanda Faradita Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Qurrotun Ayuni SDN Pacarkeling V Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28073

Kata Kunci:

motivasi belajar, media visual, puzzle

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika melalui penggunaan alat bantu visual berupa puzzle. Subjek penelitian adalah siswa kelas I SD yang berjumlah 29 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri atas tiga pertemuan, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes, kemudian dianalisis menggunakan teknik persentase dan gain score. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, rata-rata motivasi belajar siswa berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 72,4%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, motivasi belajar meningkat menjadi 87,9% dan masuk dalam kategori tinggi. Nilai N-Gain sebesar 0,56 menunjukkan peningkatan dalam kategori sedang. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan media puzzle efektif dalam menciptakan pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, dan mampu mendorong partisipasi aktif siswa. Puzzle tidak hanya berfungsi sebagai alat bantu, tetapi juga sebagai media yang membangkitkan minat dan semangat belajar Matematika di kelas awal. Oleh karena itu, disarankan kepada guru untuk mengintegrasikan media visual seperti puzzle dalam pembelajaran Matematika guna meningkatkan motivasi siswa.

Referensi

Adawiyah, R., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Kecakapan Bicara Anak dengan Kegiatan Menyusun Puzzle Gambar Seri di TK Dharma Wanita Persatuan. JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol. 5 No. 3, 883–887.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Destika Tarihoran, Mhd. H. Nau Ritonga, & Roslian Lubis. (2021). Teori Belajar Robert Mills Gagne dan Penerapan dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal). Vol. 4 No.3, 362.

Djohansyah, & Masitah. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Tentang Simbol Pancasila Menggunakan Media Puzzle Melalui Kolaborasi Model Kooperatif Tipe Make A Match Dan Picture and Picture Pada Peserta Didik Kelas 1 SDN Karang Mekar 9. Jurnal Pembelajaran dan Pendidik, Vol. 1 No. 3, 409–421.

Fuadiah, N. F., Zulkardi, & Saleh, T. (2009). Pengembangan Perangkat Pembelajaran pada Materi Geometri dan Pengukuran dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia di SD Negeri 179 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 73-84.

Lestari, N. S., Raga, I. G., & Sudatha, I. W. (2014). Ni Komang Ayu Sri Lestari1. e-Journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1-10.

Mahnu, N. 2012. Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 27-33.

Rahmadonna, S., & Fitriyani. (2011). Penerapan Pembelajaran Kontekstual pada Mata Pelajaran Matematika untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(1), 76-95.

Sartika, R., Kaswari, & Suryani. (2013). Penggunaan Alat Peraga Kertas Berpetak pada PembelajaranMatematika Kelas V MIS Al Mustaqim Sungai Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3), t.h.

Sundayana, R. (2016). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Syaifudin, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Borneo: Journal of Islamic Studies, 1(2), 1- 17.

Tafonao, T. 2018. Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-113.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-19